yaaa .. apa maksudnya posisi pemain itu ya ? hehehe.. yaa karena ak suka baca maen dota, komik basket, maen sepakbola, serta maen musik, yaaa nda ada salahnya mencari hubungan antara posisi2 dari 4 hal itu.. Tapi hati2 dengan bahasa yang mungkin dirasa agak teknis dari post ini.. hehe.. terutama karena g semua orang yang punya interes yang sama pada 4 hal di atas :p

begini ceritanya.. setelah dari konser SSO kpn hari, ak jadi kepikiran sih.. g semua alat musik itu cocok untuk orkestra klasik.. dan dari beberapa instrument itu, ak memperhatikan kalo instrument yang biasanya sering jadi senjata utama dari orkestra klasik barat itu adalah biola dan piano.. yaaa, sejenak sih aku mikirnya, di mana ya posisi gitar (sbg alat musik yang saya belajar maennya).. hehe.. yaa memang gitar pun adalah alat musik yang g kalah fleksibelnya kan.. bisa maen melodi, bisa maen iringan juga.. tp kenyataannya, gitar sangat jarang (kalo bukan nda perna) terlibat dalam orkes klasik gitu.. yaaa alat musik petik pun cukup jarang dilihat di orkes klasik barat.. paling banyak tentu alat musik gesek (biola, cello, viola) yang memang menghasilkan alunan merdu yang mendayu-dayu.. bukan ‘kencrengan’ ato petikan..

Tapi, di orkes musik chinese, alat musik petik punya posisi penting sebagai melodi utama, seperti alat musik gu zheng (kecapi) dan pi pa (seperti siter).. yang suaranya melengking.. hehe.. di musik tradisional chinese, kepopuleran gu zheng dan pi pa bisa dibilang sama dengan di zi (seruling) atau er hu sebagai alat musik utama.. hal tersebut karena banyak sekali lagu chinese klasik yang mengakomodasi suara petikan yang di-trill sebagai senjata utama alat musik petik.. dan suara yang dihasilkan pun cukup unik kalo aku bilang..

kalo di musik chinese sendiri, alat musik yang tak maeno, zhong ruan, pun tidak memiliki kapasitas sebagai melodi.. tapi alat ini adalah alat iringan yang cukup penting lah.. untuk memberi nuansa yang beda.. setidaknya yaa gitu lah menurut beberapa temen yang bilang kalo dulu sblm ak gabung, pas posisi zhong ruan itu lagi vakum (g da yang maen), latian e g enak, soal e sih katanya g da ‘kencrengan’ nya, g da iringannya.. cuma bass ama suara melodi doank katanya.. hehe.. maka aku pun akan berusaha menjadi pengiring yang baek.. hehe.. yang bisa memberikan nilai plus bwat musik yang dibawain grup ku..

yaaa  jadi bener e kalo dalam orkes itu, yang penting bukan hanya melodi aja kan.. semua pihak yang terlibat pasti memiliki peran masing2 untuk ‘mewarnai’ orkes itu.. sehingga musik yang dihasilkan jauh lebih kaya dan enak didengar.. jadi belom tentu yang paling hebat itu adalah yang maen melodi.. yang paling hebat itu adalah pemusik yang bisa menguasai alatnya dan menjalankan perannya (kalo bermain dalam sebuah orkes) dengan tepat..

nah sama halnya dengan tim sepak bola dan basket juga sih.. sbg suatu organisasi yang harus bermain padu untuk menghasilkan suatu hasil yang baek.. dan karena belakangan lagi demen baca komik Dear Boys, ak lagi demen ma karakter Sawanobori.. yang di komik itu diibaratkan sebagai Point Guard terbaik SMU Se-Jepang (fiktif belaka lo ya).. kenapa aku demen ma posisi PG -> karena PG isa diibaratkan sebagai jenderal lapangan suatu tim.. dia g perlu mencetak poin banyak2, tapi harus bisa ngatur serangan.. dan itu berarti adalah assist dan support.. bukan mesin poin.. dalam sepakbola, PG ini bisa dibilang sebagai gelandang tengah.. dan kalo sepak bola sih, favorit gw adalah Andrea Pirlo ama Kaka.. maklum lah, kan milanisti.. hehe.. menrut ku sih, 2 pemain itu termasuk yang terbaik sbg pengatur serangan.. cuma beda posisi.. Pirlo adalah pengatur serangan yang ngehubungin defense ke offense, playmaker lah istilah e, kalo Kaka sih menurutku lebih tepat sebagai eksekutor utama serangan yang mengobrak abrik defense musuh…

yaaa jadi kalo ak pribadi seh, lebih suka posisi2 yang g keliatan langsung gt.. karena menurutku, sama halnya musik, basket dan sepak bola pun juga punya ‘senjata utama’, yaitu forward (kalo Basket) dan Goalkeeper serta Striker (kalo di SepakBola).. kenapa bisa gt ? karena pertandingan basket diukur dari banyaknya poin (yang menjadi tugas utama seorang forward) dan sepak bola diukur dari jumlah gol (yang berhubungan langsung sama gol tentu adalah striker VS kiper kan).. jadi menurut saya, posisi2 itulah aktor utama dari pertandingan.. tp sama seperti musik, support dan pengatur ritme yang baik pun turut menentukan hasilnya.. tp ak sih lebih suka jadi support saja lah hahaha.. yaaa itu kan andaikan saya bisa maen sepak bola dan basket dengan benar (nyatanya saya bukan atlet.. cuma senang baca komik aja).. tapi kalo maen game, baik basket maupun sepak bola, ak biasanya cari yang playmakernya bagus atau PG nya bagus..

tapi kembali lagi kepada permainan tim, posisi support yang baik hanya mempermudah meraih hasil yang baik saja.. bukan memastikan.. setidaknya itulah yang saya liat dari AC Milan.. tim ini punya pemain gelandang yang hebat2, tp sayang striker nya dan lini belakangnya kurang yahud lah.. hehe.. jadi menurutku ya percuma aja.. tim sepakbola tidak mgkn berhasil dengan hanya mengandalkan 1 lini saja..

Kalo kita perhatikan, zaman keemasan AC Milan direngkuh pada zaman trio Belanda.. yang menrut saya cukup komplet, dengan Frank Riijkard di Defense, Ruud Gullit sebagai Playmaker, dan Van Basten sbg Strikernya.. Begitu juga dengan Chicago Bulls, yang melegenda di era 90an dengan Michael Jordan nya. MJ mmg sangat talented, tp kalo teman2nya nda talented jga, nda mgkn Bulls bisa sesukses itu..

Jadi yang paling penting adalah keseimbangan dan pentingnya setiap pemain dalam tim memahami arti penting posisinya.. hehe..

yaaaaa ini bukan essay OR ataupun musik ya. hahaha. hanya menyuarakan opini saja.. tp kayaknya udah layak cetak sebagai article bee ya ? (dari segi jumlah kata sih.. dah mau 900 kata nih.. tp dari segi bahasa tentu harus diformalkan hehehe. males aja formal2..)

nah terakhir nih ngom dota bentar.. hehe.. kenapa terakhir ? karena kayaknya yang baca blog ku akeh2 e g suka dota seh.. nah di dota ini ada 2 peran la, sbg killer ataupun sbg support.. ak kira seh wes jelas pembagian e, killer adalah hero andalan yang tugasnya membunuh musuh, semntara support bertugas mendukung killer ataupun membendung hero killer nya msuh.. naaa, kalo dota itu kan banyak2an kill ya, jadi pasti awal2 maen, orang itu pengennya jadi killer semua.. pengennya bunuh paling banyak.. tp entah kenapa, ak liat dw dr pengalaman temen2 yang jam terbangnya tinggi, rata2 dari mereka bertransform dari killer jadi support ya.. hehe.. cara bermain 2 fungsi ini pun cukup beda menurut ku.. jadi ya nda segampang itu mutusin dari killer jadi support ato sebaliknya.. sama dengan spk bola atau basket, kemenangan di dota pun ditentukan kombinasi dari killer + spport nya.. hehe.. dulu aku doyan banget jadi killer sih.. tp skrg enakan jadi support hehehe.. tanggung jawab relatif lebih kecil aja :p.. jadi kalo kalah nda kentara… ahhaha..

wah dah lebih dari 1000 baris nih.. moga2 yang baca g pusing yaaa.. hehe..