sebenarnya ini agak ngenes sih… aku juga baru tau lo kalo kedelai yang kita pakai bwat makanan yang selama ini org Indo banggakan yaitu tempe, ternyata diimpor.. dan sekarang ini harganya naek 1kg nya sudah 8000an jd yah bisa dibayangkan lah bagaimana para pengusaha tempe tahu itu sekarang.. wah bs bangkrut semua tuh..

kan sebenarnya agak lucu yah kalo sementara kita mampu membangun berbagai perumahan mewah, mall2 berlantai2, tp beras, kedelai malah ngimpor… ini bukan masalah sepele lo yah.. ini menunjukkan kalo bangsa ini kurang bs memprioritaskan sesuatu yang penting/ primary…  tp selalu memprioritaskan yang enak dilihat, yang kelihatan mewah.. pemerintah berulang2 menekan harga inflasi bla bla bla, tp g pernah mau ngurus pertanian nya… malahan sekarang rasanya dah jarang banget yang mau masuk jurusan pertanian, kelautan padahal secara dilihat mata, indonesia ya jelas butuh banyak la wong lautnya aja lebih luas dari daratannya kok..

kalo mmg mau menekan kemiskinan ya jelas solusinya bukan LPG2 itu, tp utamakan lah pertanian dan kelautan kita.. yang jelas kan yang miskin itu sebagian besar adalah nelayan, kaum buruh tani itu kan… selama g ada kejelasan arah pembangunan ( ampun bahasa ku kok jd begini wkkwkw ) yah jelas aja tetep miskin mau dikasi brp pun.. lah makanan yang kita anggap remeh kayak tempe tahu gt aja ternyata masih ngimpor, tp mau mbwat2 mall2 gede2 gt.. kan kita bs mempertanyakan pemerintah ini serius ga…