wah bener2 betul kata temen ku, semester ini Kamisnya bener2 g kerasa.. minggu lalu ngobrol2 blg gn ‘ kamis itu dateng e cepet banget ‘ dan hari ini terbukti si Kamis udah datang lagi wkwkwkkw… kamis = hari terakhir praktikum dalam 1 minggu dan kamis ini berarti hari terakhir praktikum dalam semster ini.. rada lega sih.. setelah dari senin – rabu dihajar tugas2 terus terutama rangk 0-1 itu yang membuat tdr e jam 0 am ato 1 am itu wew…

ini baru pulang dari les mandarin.. ulangan sih. lumayan susah soal e g sempet belajar maksimal nie ( cari alibi ) he4.. bener e ya ngga, tp karena sebagian yang di level2 sebelum e dah lupa wkwkwkkw… yah gt lah kalo pake short term memory… tp sepulang ulangan yang ‘cukup’ memuaskan itu, malah hal itu membuat otak berjalan greng, dan akhirnya terpikirlah sebuah ide untuk membuat sejenis e-dictionary mandarin – english/indo yang memakai DIU ( Document Image Understanding ).. jadi DIU itu mksd nya membaca sebuah image dan menghasilkan text di komputer ( yah seperti hasil scan yang bisa langsung berupa document itu ).. namun kali ini ndak baca huruf ABC …, tp mbaca huruf mandarin wkwkwkwk..

jadi begini yah idealnya program yang pengen tak bwat ini ( 1,5 taun lagi bee, bwat TA ni.. jgn nyolong ide yow awas tapok :p joke2 kalo ada yg mau bwat duluan ya gpp, ntar aku pikir judul lain, tp le dah jadi aku minta yaaa ( bagi org yang pengen bwat program serupa )… ) program itu bisa mendeteksi beberapa inputan : 1. seperti standard pake keypad nulis pin yin ( cara mbaca e, misalkan xiao, zai, dll )  trus ngeluarin huruf mandarin ( selanjut e disebut han zi ) + artie , 2. pake scanner / camera hp ( soal e mau ne jg bs dipake di HP ), trus keluar pin yin ( cara mbaca + nada e ) dan artie -> ini yang pake DIU.. 3. pake metode goresan2 han zi.. kan hanzi itu terdiri dari 10 macam goresan, jadi bisa dipilih satu hanzi tersusun atas goresan apa ae, ntar keluar hanzi yang bener + pin yin dan arti e… aku rasa sampe skrg belum perna liat software gini ( pa lagi dalam bhs indonesia ) jd yah tertantang aja pengen bwat wkwkwkwk… aku jg berencana masuk major CS ( comp science ) yang banyak berhubungan ma algoritma2 sangar2 tp kesan e geek, nerd, + kurang aplikatif termasuk DIU… jd yah tentu hal2 itu harus dihapus dgn membuktikan bs bikin software yang bisa dipakai org awam.

yah semua yg baca mgkn ketawa2 yah dgr anak semester 4 dah bicarain TA ckckck tp yah nama e agak kesurupan mumpung ada ide yah tak tulis ae drpd nunggu sem 7-8 g ada ide sama sekali… ide ini pun sama sekali g bermaksud mengganggu proses belajar bahasa mandarin ( misal dipake nyontek pas ulangan ) soal e yah kembali ke esensi belajar itu sendiri, yaitu belajar, menghapal, lalu diuji dengan ulangan… le nyontek itu adalah sebuah pilihan apakah menghargai kemampuan diri sendiri pa justru lebih percaya ma kemampuan org lain/alat..

apa ide ini bakal terealisasi atau tidak kita lihat saja wkwkkw jadi sem depan MKP ( mata kuliah pilihan ) yang dibidik adalah DIU, spy bs cepet2 kenal ma metode nya, dan dah bs mulai merancang software ini wkwkkwkw… tp imajinasi begini ini perlu loh.. dan perlu divisualisasikan dalam pikiran tiap hari spy bener2 terwujud nti e wkkwkw… yah kita tunggu saja 1,5 – 2 taun lagi… yang pasti ini bukan impian belaka…
karena kalo mimpi, begitu terbangun kita cepet lupa, tp kalo tujuan, kita tiap bangun pasti akan teringat  dengan ‘mimpi’ kita td itu ^^

apakah posting ini hanya bualan atau tidak biar waktu membuktikan ( wooosss gaya amat he4 ) ^^