tadi pagi ikut seminar nya Microsoft tentang SQL Server 2005.. ini yang datang dosen ma astep lo he4… jadi yah awal e keder juga masuk e soal e wes ditunggu beberapa dosen ( tp acara e belum mulai sih ) ..

yang jd pembicara nya orang Jakarta sih.. dan selalu berbicara mengenai kehebatan nya Microsoft ( ho4 ye jelas dunk ).. menarik berbicara ttg SQL Server, karena di tempat yang sama juga ada bu Yuliana ( kita manggil di kelas sih ce Fen Xin ) yang notabene adalah pro Oracle dan salah satu ahli Oracle di skul.. yah scara Oracle adalah saingan utama SQL Server, ato bole dibilang SQL Server saat ini tgh berusaha untuk mengalahkan Oracle yang sedang berdiri cukup tegak di rank 1 ^^

Overall, seminar tadi berbicara mengenai fasilitas Business Intelligence, yaitu cara menyusun suatu informasi yang berguna dari setumpuk data-data mentah.. dan melalui program2 yang dijelaskan tadi siang, SQL Server 2005 dan Excel 2007, ternyata hal itu dimungkinkan dengan adanya berbagai tools2 termasuk dengan algoritma data mining yang built in..

Aku ndak fanatik ma microsoft, jg ndak fanatik ma vendor2 ( termasuk Cisco ^^ ) untuk saat ini, terutama karena menurutku saat ini belumlah saatnya aku memastikan 100% ingin berkarir di bidang mana ( walau saat ini primary nya ya networking ) jadi tadi itu aku anggap sebagai tambah pengetahuan aja..

aku juga heran loh kalo banyak yang ndak suka sama microsoft karena dianggap pelit, sementara anda masih menggunakan produk windows bajakan… harusnya loh kalo ndak suka ya jangan pakai, jangan teriak2 g suka tp ternyata masih pake produk windows… g semua orang bisa bwat windows, jadi wajar jika yang bisa ( Microsoft )  meminta kompensasi sedikit mahal atas hasil karya nya… di Indonesia, keluhan itu terjadi karena belum biasanya menghargai karya org lain, teurtama software… yah jelas aja, dari kuliah sudah dibiasakan kalo ngopy2 itu sah sah saja.. yah memang kalo masi tahap belajar / ndak komersial sih menurut ku membajak itu sah2 saja karena jika masih mahasiswa, tentu dana untuk membeli software asli it berat e luar biasa… tp kalo anda udah mulai menggunakan produk untuk kepentingan komersial, jelas uang anda itu = haram karena anda pengen nya dibayar atas program anda, tp anda bwatnya pake program lain yang anda bajak.. na masuk akal kan ??? apa anda pengen, anda bwat OS, tp mari gt temen anda dateng ke rumah, copy ke DVD, terus disebarin dan anda hanya dapat nama saja, tanpa kompensasi materi apa2… ndak mungkin banget..
hasil kerja keras itu di mana2 layak untuk dihargai, dan jika udah berbicara profesional/komersial, penghargaan itu kebnykan berupa materi / uang… sah2 saja… bukan mata duitan…