yah hari ini adalah hari nya tes akhir praktikum pascal untuk kelasku dan aku bisa bilang hasilnya sangat mengecewakan… bukan hanya yang dapat jelek yang kecewa, namun penanggung jawab praktikum sekaligus pembuat soal, jujur aja, juga kecewa banget.. hanya segelintir orang yang dapat nilai di atas 56, batas kelulusan.

soal no 1 itu menurutku lebih gampang dari materi praktikum ke 7 karena nyaris sama persis dengan praktikum ke 7 dan ada soal2 yang dikurangi ( meskipun ada tambahan dikit yang agak gampang ) dan soal no 2 itu pun harus nya bisa dapat separuh ato beberapa puluh poin dari 50… yah sudah mau diapakan lagi… aku hanya bisa berpesan bagi yang praktikumnya lulus yang berarti berhak ikut final exam mata kuliah pascal, belajarlah dengan lebih lagi ( ndak tau mau lebih smart, lebih rajin, smbrg kalian ).. kelemahan kalian adalah kalian ndak mau belajar pada hal yang kalian ndak suka ( misal e link list, graphic ) padahal hal yang kalian ndak suka itu lah yang akan menjadi bahan ujian kalian… kalian juga (menurutku ) lebih gmpang meyakinkan diri bahwa suatu materi tertentu itu susah dan kurang mudah untuk dimengerti jadi ya biarin aja ( kalo ndak percaya, tanya aja soal2 angk atas, pasti terlihat bedanya soal2 dari tahun ke tahun.. aku jujur aja mengakui kalo tahun ku itu soal2 e masih kalah ma angk 05 atau 04 )

aku ndak dalam posisi berhak menghakimi praktikan2 karena aku bukan mereka.. namun aku hanya menilai kalian dari kaca mata objektif, yaitu nilai kalian.. Nilai adalah satu2 nya bukti hasil belajar kalian karena hasil belajar kalian tidak bisa dikonkretkan dengan benda lain..

bagi yang nantinya berhasil lolos dari mata kuliah ini, sampai jumpa di praktikum semester depan..