yah keliatannya saya memang humas tidak resminya STTS wkkwwk karena apa saja yang tak temui ato tak alami di sana pasti bocor lewat blog ini.. hanya kadar bocor nya yah jelas harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.. he4…

taun ini bakal terjadi banyak perubahan di STTS, diawali dari berubah namanya jadi iSTTS.. nah perubahan yang lain itu apa ?? hmmm mari kita saksikan ceritanya he4..

td ada rapat asisten tetap lab + kepala lab yang ada di STTS sama pak Arya, pembantu ketua akademis di STTS.. intinya, beliau ingin mengadakan perubahan di STTS yang berkaitan dengan kegiatan laboratorium.. sudah bukan rahasia, praktikum di STTS merupakan salah satu kegiatan terberat ( meskipun hanya 8x ) karena di sana lah kalau boleh diakui, semua inti pengajaran berada.. kalau hanya ndengerin materi di kelas tanpa praktikum, saya jamin hanya sekitar 10% yang bener2 ngerti ( tidak termasuk aku loh he4.. soal e tergolong males nyoba sendiri di rumah.. jadi bener e merasa terbantu dengan adanya praktikum ) namun kalau boleh jujur, letak keunggulan STTS pun berada di praktikum bagi mereka yang katakan saja interest berat dengan komputer dan kemampuan nya menengah ke atas lah… bayangkan aja, aku sering dcritai kalau tugas proyek akhir semester nya sekolah lain = tugas mingguan nya praktikum di STTS.. harus nya bangga donk ya he4… di samping semua kesulitan yang ditimbulkan..

nah tapi bertindak idealis pun ternyata tidak cukup yah.. indikasi nya, murid bertambah sedikit karena stigma kalau STTS itu susah tamatnya.. padahal itu harus ditinjau apa memang niat kuliah atau cuma niat dapet gelar Sarjana.. yah kita fair2an saja yah.. mana ada kuliah yang bener2 gampang sih… lebih gampang ndak kuliah kan.. terlebih image STTS sebagai gudang programmer.. nah kalau kualitas kita menurun terus, kan hasilnya (mungkin) muridnya banyak, tapi cupu.. dan disitulah susah nya sebuah perguruan tinggi.. kenapa ? perusahaan minta murid yang pintar dan kemampuan menengah ke atas, tp murid minta materi yang gampang supaya g repot..

nah berdasarkan hal itu maka diambil lah beberapa langkah perubahan mengenai kegiatan praktikum di STTS.. karena hasilnya belum fix, baru rencana, maka aku ndak akan berkata sedikit pun ttg apa yang menjadi rencana pak Arya di sini.. yang bisa kukatakan, praktikum bakal jauh lebih mudah dari sekarang ( padahal sekarang wes gampang sak pol pol an e ) tapi bagi astep nya, liburan Juni-Juli ini juga bakal menjadi ajang pertempuran dalam menyiapkan ‘model praktikum baru beserta mas kawinnya ‘ he4.. karena mmg ide revolusioner pak arya menuntut banyak perubahan.. dan perubahan ini memang tak rasa perlu sih karena aku dewe bener e sumpek2 juga kuliah di sini.. tapi apa daya kuasa tak di tangan he4…

yah begitulah hidup saya sejak jadi asisten lab… begitu banyak hal baru hanya dalam 5 bulan ini… tp yah aku ngrasa senang2 aja sih, soale dari SMP-SMA dulu aku bukan siswa yang tergolong aktif di skul.. nah jadi asisten ini yah mbwat aku jadi harus sering2 melibatkan diri dengan kampus ku terutama berkaitan mbe kegiatan akademik/praktikum..

soal nya, jujur aja, jadi asisten lab itu = ngajari adik2 kelas itu tanggung jawab g gampang juga toh.. he4.. kualitas dan kesukaran itu ada kala e sebanding menurut pengajar, tapi yang diajari malah merasa terbebani… kalo banyak yang ndak bisa, dikira asisten e dodol, murid e pusing takut ndak lulus, padahal asisten e juga pusing dwe.. nah, jadi yah kalau memang perubahan ini terjadi, maka tanggung jawab terbesar akan ada di diri mahasiswa sendiri, terutama yang berkaitan dengan ilmu2 yang biasa e didapat dari praktikum.. kalian harus mem-praktikum-kan diri sendiri he4..

tambahan lagi, bagi mahasiswa STTS, mulai sem depan harus siap2 belajar mandiri he4.. ini bener e dah hukum wajib yah bagi tiap orang untuk belajar mandiri terutama hal2 yang mmg disukai.. sayangnya, waktu bwat nge game mengalahkan segala e he4..

bagi orang lain non STTS, jika perubahan ini bener2 terlaksana, kelihatannya perkuliahan anda bakal lebih menyenangkan di STTS, kecuali faktor c ( faktor cewe he4 ) yang bakal tetep aja dikit wkwkkw hukum alam lah kampus teknik dikit faktor c.. tapi jelas kesukaran2 kalian yang sudah melekat di image STTS itu sebisa mgkn dieliminasi dan diubah agar siswa merasa dibimbing, bukan digembleng atau dibantai..

sekian dari saya terima kasih he4..

ndak menerima pertanyaan berkenaan dengan hasil rapat ^^ rahasia internal he4…

Advertisements