ini posting sebelum aku mbwat makalah SIM ( yang untung nya bener2 hampir mari secara harafiah, jadi tidurnya bisa malam ini, bukan hari rabu dini hari he4.. )

nah hari ini sehabis kuliah ( yang cuma ngumpulin CD program, tp program nya dibuat ampe berlarut2 ^^ ), aku td maen dota, mari gt pulang tidur bentar la.. habis gt ol, cek email2 ( skrg jd moderator milisnya sim ini lo, email bertubi2 masuk tiap kali ada yang kirim message ke milis, untung pake email baru tuh he4.. jadi bersih sih , g kecampur email2 lain.. ternyata inilah guna email banyak ya ).. trus akhir nya jadi ngobrol2 ma temen ku… g usah sebut nama sih.. sori lo aku angkat kisah nya di sini kalo mungkin baca he4.. tp sekaligus ini adalah jawaban resmi ( woooss official statement ) untuk pertanyaan mu.. o ya ada dikit gangguan nih.. g dikit seh.. monitor ku layar e kok bs nggeter2 gn yah, bebayang2 gt lo.. ngganggu banget

dia tanya gn awal e : ‘ ndik ( heran lo susah bee ya bilang ‘ndi’ ato ‘ndy’ org indo mmg suka pake ‘k’ seperti ‘jan***’ wkwkkwkw joke2 ) le kamu nglakuno sesuatu yang ndak kamu sukai gmn ? ‘ nah loh reflek aja aku bilang ‘ya aku ndak mau, kamu baca o ae blog ku, kapan hari ak mbahas ttg itu kalo ndak salah jdul e change again itu lo.. yang inti ne, aku lebih memilih something yang aku sukai bener2 daripada harus ngejer2 something yang aku krg suka .. soal e inti dari chasing something adalah goal di depannya, dan goal itu jelas sekali harus berdasarkan kesadaran diri dan nafsu untuk mengejar.. le g suka, jelas nafsu itu pasti g da..

nah lanjut punya lanjut, ternyata dee g suka kuliah e skrg.. faktor e akeh : lingkungan yang g mendukung ( senior yang kejam, kampus yang tidak sesuai wlwkwk ), dan yang paling aku heran yaitu dee g suka jurusan e loh ( padahal bakat nya jek hubungan loo malah gambar e bagus banget ) padahal ini kan dah semester 4 lohhhh… kaget setengah mati.. kirain impian e dee tu itu.. tapi yah apa boleh buat.. kalo mmg jalan mundur udah g ada ato susah, mending tubrukin aja sekalian ke depan.. itu sih yang tak bilang.. jadi maksd e ya ndang lulus gt supaya cepet2 keluar dari kampus dan jurusan itu he4.. nah jelas aku tanya to ‘ loh emang km ndak suka jurusan xxx ta ? ‘ .. ‘asli e ndak piroo suka.. tp disuruh ( ato dianjurkan bee ya ) masuk gr2 kata e aku pinter gambar ( mmg apik soro gambar e ^^ ).. dan lagi aku kul di univ YYY spy nyenengno ortu ku ‘ nah loh.. aku merasa ‘jlep’ ae soal e aku pun smpet disuruh masuk kedokteran ma ortu sih, tp tak bilang aku ndak suka.. ak paham sih, ortu itu biasa nya cuma ngliat bakat kita, bukan kesukaan kita.. jadi ya kalo mmg ada anjuran dari ortu, ya jelas sikap kita menolak atau menerima harus jelas.. disertai argumen yang tepat.. jangan menerima ato menolak tanpa pikir panjang, karena meski yang bayar ortu, yang kerja tugas, belajar ujian itu kita dewe.. ( termasuk yang g tidur itu wkwk )

aku ndak akan nyalahno temen ku itu.. wes tak bilang kalo aku lagi berusaha ndak nyalah2no org lain.. soal e aku sering digituno dan aku ndak suka.. wes salah, masih disalah2no ‘ kamu sih gn2.. bla2.. ‘ lak nggarai org pengen napuk he4.. minta solusi kita ini, bukan minta diperjelas kesalahan e..

okay saran ku untuk next time , love yourself first… itu aja dulu lah.. mencintai diri sendiri itu bukan narsis ato ego lo ya.. tp hargai diri dewe dulu.. baru yang lain ( ortu, saudara bla2) org sering lupa dengan berusaha menyenangkan org / mencintai org lain dengan melupakan diri sendiri.. apakah tidak terbayangkan kalo diri anda sendiri menangis minta diperhatikan ? wkwkkw ( yah ndak mgkn sampe gt sih.. hiperbolis dikit ) aku juga baca statement ini ‘ tolong diri anda sendiri sebelum menolong orang lain’ kalo g salah dari Stephen R Covey, penulis 7th Habbit itu lo.. hargai diri itu termasuk mengenali diri anda sendiri dengan sangat2 baik.. ada pepatah mengatakan yang paling kenal baik diri anda adalah orang tua, tp ya harus e ya diri anda sendiri dulu dunk ^^ dengan kenal diri anda lebih baik, baru lah anda bisa berharap org lain mengenal diri anda dengan baik juga.. la kalo anda dewe g kenal, gmn org lain mau kenalan kan ? ^^

o ya ada hal yg g kalah penting sih.. gmn kalo km nyediain waktu 1-2 jam gt.. tulis ae apa yang pengen kamu cpai, apa yg pengen kamu raih kalo bs yang spesifik dan jelas terukur ( wedew kayak apa ae aku ni he4 ) pokok e ya mimpi2 mu lah.. aku jg sering gt.. malah udah berubah 3 kali to seperti yang tertulis di blog ku he4 walau aku ndak nulis detail e kayak apa.. itu private aja.. dengan rute yang jelas dan gampang terlihat, pasti lebih gampang meraih nya..

saran untuk saat ini, berusaha cari jalan keluar yang terbaik.. kalo perlu pun, kalo mmg ndak suka ma yang kamu lakuin skrg, jangan berhenti di tgh2 jalan.. ( bisa ketubruk mobil nti kalo mandeg tgh jalan.. :p ) mending cepet2 lulus.. ato kalo ndak, lama2 sekalian aja.. tp lama ini ya maksud e sambil nglakuin hal favorit mu.. misalkan suka nglukis, ya jadi lah pelukis he4 tapi maen dota g termasuk dalam hal ini karena menurutku kurang bermanfaat untuk ke depan e wkwkwk… jadi meski sarjananya molor, setdk e masi bs fun ke hal2 yang kamu suka.. yang lain2, ya have fun lah dengan teman2 mu.. seperti aku yang jarang berlama2 di kampus kalo ndak ada keperluan penting he4.. bukan aku ndak suka kampus ku, namun cuma sedikit hal yang taksukai yang bisa tak kerjain di skul ^^..

o ya juga wes ndak pake nyesel2 la poo dulu g gn g gt.. penyesalan itu membuat g enak hati dan membuang waktu percuma.. drpd lama2 nyesel hati g enak, mending pg2 mbe temen, nyusun plan bwat 2-5 taun ke depan he4.. maka e sabtu kita maen dota wkwkkw..

inti nya.. hajar yang di depan.. lupakan yang di belakang.. sebelum hajar, pikirkan strategi nya dulu spy tidak rugi he4..