Tanggung jawab,suatu frase yang udah berulang-ulang kali disebut oleh manusia, ampe bosen deh denger nya namun sangat sulit ditunaikan he4.. conto nya, dibutuhkan seorang pemimpin dengan dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi.. Contoh lain, misalkan kita berbuat salah, kita harus bertanggung jawab atas apa yang kita perbuat..

Nah, apa benernya tanggung jawab itu ya ? hmmm menurut aku sih, tanggung jawab itu adalah keberanian kita untuk mengambil suatu tindakan atau menerima suatu posisi/jabatan dan menanggung semua konsekuensi yang sesuai dengan tindakan/jabatan kita itu. Seringkali tanggung jawab sering dianggap sebagai beban yang harus ditanggung, padahal, tanggung jawab tidaklah sama dengan beban. Tanggung jawab adalah suatu sikap dalam menghadapi beban itu, apakah kita akan lari atau menghadapi.

Karena tanggung jawab merupakan suatu ‘benda’ abstrak maka tentu tidak semua orang memiliki tanggung jawab. entah karena dirinya memang tidak bertanggung jawab dalam artian bukan kewajibannya, atau malah ‘menghilangkan’ dengan sengaja tanggung jawab yang seharusnya dimiliki. Nah, hal demikian lah yang seringkali menimbulkan masalah karena tanpa adanya tanggung jawab, tentu suatu perbuatan akan terkesan lempar batu sembunyi tangan. Biasa nya tanggung jawab ini akan hilang jika menemui/melakukan suatu perbuatan yang kurang baik, lantas karena takut menerima akibatnya, lalu berusaha lari dari tanggung jawab.

Selain tidak ada tanggung jawab, ada juga yang namanya kurang bertanggung jawab. yaitu, tanggung jawab yang hanya setengah-setengah saja. kalo menurut ku sih mungkin dia cuma mau bertanggung jawab kalau perbuatannya menguntungkan, tp kalo sebaliknya yah dia terkesan asal2an dalam menjalankan kewajibannya. ato memang dari awal dia kurang berminat sehingga benar2 setengah2..

hmm tanggung jawab itu juga bisa dikaitkan dengan profesionalitas lohh. contohnya, seorang pemain sepak bola profesional tentu akan menjaga kondisi fisik dan kemampuan tekniknya sebagai bentuk tanggung jawab terhadap klub yang telah mengontraknya. Nah, seringkali inilah yang kita kenal sebagai profesionalitas. contoh lainnya misalkan penyanyi/entertainer yang tetap berusaha ceria ketika membawakan suatu acara meskipun mungkin saja kondisi sebenarnya tidak memungkinkan mereka untuk bersikap demikian. namun kembali lagi, dengan profesionalitas, hal ini dapat saja terjadi..

kalau saya sendiri sebagai pelajar ya jelas la tanggung jawabnya, mempersiapkan diri dan kemampuan dengan baik. Itu merupakan pertanggung jawaban saya terhadap orang tua yang sudah membiayai studi saya. Selain itu, ada juga tanggung jawab pribadi terhadap diri sendiri, yaitu dengan berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik semakin harinya..

hmmm demikian lah pemikiran ttg tanggung jawab ini.. hehehe.. kok formal banget ya he4.. nda gw banget.. wew.. terlalu text book ini.. padahal ya ‘nggombes’ aja.. semoga bermanfaat..