IDR mksd nya Indonesian Rupiah..

yah critanya begini.. baru aja beli buku yang mmg pngen banget beli ‘A New Earth’ .. Mmg sih ak dah punya ebook nya yang berarti gratis.. tp karena ngrasa buku ne apik, jadi ne pengen baca ampe mari.. la masak baca 200 halaman di kompie.. ya le text book ttg komputer sih ak isa maklum baca e di komp soal e kan bisa sambil praktek, tp lek baca buku2 yg berbau psikologi gt yaa dibeli aja gpp lah ^^ baca nya kebnykan di ranjang soal nya..

singkat kata aku beli buku itu sekitar 14 US$ ato sktr 140rb lah di sini.. itu jumlah yang buesar banget dan ak dah pengen beli tuh buku dari liburan lalu yg berarti saya saja butuh waktu 2 bulan untuk take decision bwat beli buku semahal itu.. dulu pengen nya sih beli buku Mother Teresa yang 1,5x lipatnya ^^ dan impor jg.. rasanya ak beli buku Teresa itu ntar 2-3 bulan lagi dah ^^ lg bokek

perbandingan yang saya dapatkan setelah saya bertanya2 : buku yang sama, kalo aku beli dari uang IDR = separuh dari gaji saya setiap bulan sebagai asisten lab.. wew.. separuh loh.. 1/2 bulan.. tapi ak nanya2 Carissa barusan.. (lgs ak tanya nih begitu pulang).. sebesar apakah uang 14US$ di negeri luar sana ? jawabnya 1 jam kerja di food court.. mantap.. mak nyus kan perbedaan nya.. hehehe.. buku ne podo loh tp usaha e beda juaaauuuhhhh di sana 1 jam, ak di sini kerja setgh bulan jam 8 dateng ampe jam 5 sore weleh2.. ngenes2..

apa kah ini yang menjadi penyebab Indonesia sulit bersaing dengan negara2 lain ? karena beli buku saja mahalnya amit2 ??? hehehe.. sulit menjawab.. apalgi karena mata uang Indo ini ternyata lemah bangeetttttt… astaga dragon.. wew.. mengenaskan lah hehehe tp bisa juga soal e gaji yang aku dapetkan kecil sekali hehehe.. apapun itu yah itulah kondisi di negara saya.. mau gmn lagi dunk.. cara nyiasati yahhhh dengan mengatur finance lebih baik dan bisa menahan diri untuk berhemat kalo mmg lagi ada brg yang pengen dibeli hehehe..