yaaa seperti yg saya blg, saya baru aja ntn The Secret (Rhonda Byrnes punya, bukan yang Jay Zhou.. hehe).. untuk ke 4 kalinya.. hehe.. O ya, ini post yang super2 panjang <lebih dari 1000 kata>.. jadi bagi yg nda suka baca panjang2 ya mohon maap.. hehe..

alasannya : saya hari ini pgn lebih fokus ke bagian grattitude, ato syukur.. yaaaa bagi yang dah baca ato ntn The Secret, pasti tau bahwa grattitude merupakan salah satu hal esensial dalam hidup kita, selain Meminta dan Menerima.. hoho.. tp sayang nya, saya berani bertaruh kalo bagian ini justru yang paling sering kita lupakan.. pasti dalam benak kita, jika kita pengen sesuatu, kita pasti memfokuskan pikiran kita ke hal itu aja.. seolah2 hanya hal itu saja yang harus dipikirkan.. ‘kita’ di atas itu termasuk saya juga.. saya lebih sering mengeluh belakangan ini, drpd mensyukuri hal2 yg bisa disyukuri loh.. heran juga ya.. dah baca (berkali2, lebih dari 10 kali mgkn) dan ntn filmnya juga banyak kali, tapi sering banget nglupain proses ini.. wew..

Nah selain itu juga, ak baru berpikir, mgkn dengan sikap yang grateful, it will make life easier.. i’ll try it.. hehe.. kita seringkali lebih sering mendangak (menengadah ?) ke atas daripada menengok ke bawah.. yaa memang melihat ke atas juga penting bagi kemajuan kita, untuk motivasi diri spy lebih baek lah.. namun sayangnya, bagi sebagian orang, melihat ke atas juga menimbulkan kecemasan dan perasaan inferior, bahwa nasib kita kok nda seberuntung mereka.. hal ini malah menimbulkan keluhan dan stress dibanding motivasi untuk bertindak lebih baek.. bahkan tidak jarang iri hati pun muncul..

Nah, melihat ke bawah pun harus disikapi dengan hati2.. itu bukan lah proses untuk menyombongkan diri, merasa diri lebih hebat.. tapi harusnya kita bersyukur bahwa kondisi kita masih lebih baik daripada yang dialami orang laen. walaupun kita jarang sekali memikirkan hal ini kalo dah terkena banyak banget masalah.. toh sebanyak apapun masalah yang dihadapi, sudah selayaknya kita masih bisa bersyukur lohh.. hehe.. kalo kita liat sekeliling kita, pasti PASTIII masi ada aja yg keliatannya lebih sial dari kita.. bahkan kalo masalah itu dianggap ujian, ada quote yang saya kutip ntah dari mana ‘Everything that isn’t killing me makes me stronger’.. yah intinya masalah ada untuk diselesaikan dan membuat kita bertambah dewasa..

Dan setelah melihat ke dalam lagi, dengan semua hal yang sebelumnya sempat saya keluhkan, saya rasa perspektif saya ttg hidup saya harus diubah.. Saya sempatkan sedikit waktu buat nulis hal2 yang patutnya saya syukuri ^^ hehe yah nda mgkn isa nulis semua lah.. yang terlintas di pikiran aja.. nanti kalo laen waktu terlintas ya saya tulis lagi..

– Sibuk kuliah – saya sempet sebel banget ma sem ini, entah napa kuliah males banget dan bosenin, wew.. belum lagi jadwal padat, tugas e sak abrek, dan lain2 yang menurut saya ‘merobotkan’ hidup saya.. namun setelah dpikir2 (apalg kalo dah ntn Laskar Pelangi, di mana anak2 itu aja pengen sekolah setinggi2 nya), saya merasa harusnya bersyukur loh bisa belajar ampe hari ini.. belajar e di tmpt yang masih bener dalam artian dosen nya masih bertanggung jawab lah atas murid2nya.. hehehe.. bisa belajar mata kuliah yang advanced juga, dikasi tugas yang keliatannya memberatkan, namun sangat membantu pemahaman thd teori (nda lucu kan ampe lulus kuliah cuma tau teorinya doank)..

– Grup Musik Dong Fang – jujur aja pada tgh2 taun ini ak smpt ngrasa grup musik ini sbg beban, dgn banyak nya lagu yg harus tak kuasai dengan segera dan tingkat permainan yang menurut ku cukup tinggi lah.. hehe.. tapi lambat laun yah aku jg bersyukur atas kesempatan yang nda semua orang isa dapet ini.. bahkan environment yg ndukung banget hingga nubie kayak saya yang baru taun lalu gabung dah isa jalan bareng ma mereka (at least my performance bukan kayak 1 taun lalu lagi lah.. hehe), walaupun sering dimarahi juga.. tp banyak pengalaman baru yang seru.. crita2 baru..

– les gitar.. saya juga merasa kadang2 hal ini sbg beban aja.. padahal loh saya malah nda tau latian gitar lagi skrg.. hehe.. tp masi mau les, soal e mnurut saya it’s interesting.. dan skrg saya harus bersyukur juga dah les gitar sekian lama, soalnya alat musik mmg penghibur diri sendiri kalo sedang kesusahan.. hehe.. walaupun kadang harus soro2 latian.. untuk bulan depan, <kalo jadi>, ikut master class itu jg jadi hal yang sangat2 disyukuri banget deh.. hehe.. walaupun ak jamin ak harus banyak2 latian lagi spy nda mempermalukan diri dw dan guru ku.. tp kan jarang2 ada yg beginian kan.. hehe..

– les2 lain yang ketokan e membuat waktu untuk bersantai nyaris nda ada.. tp justru di sana lah ak bisa ‘bersantai’ dari rutinitas kuliah kan. hehe..

– Jadi Astep – sempet nyesel jg jadi astep.. wakkakaka.. masio ak ya belum ampe 100% mau keluar gitu, hanya kadang capek ae lah.. kerja, capeke, dan waktu yang terbuang sih ga sebanding dgn yang kita dapetin.. baik pengalaman maupun materi hehehe.. (ya bkan matre ya.. jujur aja deh kalo masalah materi it, amit2 pelit e ^^ ).. tp toh dari sana ak isa dapet konco2 ‘snasib sepenganggungn’ yang akeh.. isa dapet pengalaman ngajari org2, ngurusi lab komp, bahkan nda jarang tmn2 astep itu mbantui aku.. juga curhat2an (yah sejak angk ku, kayak e astep dah mulai ‘manusiawi’ kembali, nda cuma ngoprek komp, tp jg nggosip2.. hehehe)..

– Thx to Internet dan Handphone yang bisa membuat saya tetep keep in touch with people far away from me ^^ bayangkan aja kalo kondisinya seperti serdadu US di Iraq situ.. keluarganya yang nunggui di rumah jg cemas2 karena jarang isa kontak, yg lg tugas pun juga rindu banget pasti e.. saya bersyukur masi bs kontak ma org2 yang saya sayangi cuma dengan membuka laptop aja (yaaa bayar speedy jg deh hehehe)..

– Laskar Begunyuk.. yah ngisin2 i jg yah.. nduwe grup dengn nama kayak gitu.. hehe.. tp grup ini sudah membuat saya hidup di kampus yang menyedihkan itu.. hehehe.. entah dengan guyonan2, ato persamaan nasib. hehe.. dan juga grup2 laen e misal e TJB (dah jarang banget kontakan nih).. dan temen2 laen nya yang nda isa disebutin satu2.. coba bayangin aja kalo nda punya teman, lebih menderita daripada mati deh kayak e hehehe..

– Keluarga yang sayang ma saya.. dan saya juga sayang ma mereka.. Bayangin orang2 yang hidupnya nda punya keluarga T_T

– Hidup itu sendiri yang masih diberikan sampe detik ini..

– DIri saya sendiri secara utuh dari pikiran, jiwa, dan raga.. tak diragukan ini adalah hadiah luar biasa dari Pencipta loh.. hehehe.. Saya lahir utuh dan tidak mengalami kurang apa pun..

– Kebebasan dalam menentukan hidup saya.. ada orang yang nda bisa gn, entah karena kondisi sosial politik ataupun alasan laen e..

Masih banyak lagi alasan laen2 e.. bahkan kalo mau detail, semua hal yang terjadi itu pasti ada aspek yang bisa disyukuri..

so, jangan lupa bersyukur untuk apapun juga yang terjadi pada hidup anda..

Maap kalo kepanjangan .. hehe..