The Alchemist

Paolo Coelho

Kisah ini dimulai dari seorang penggembala domba bernama Santiago.. Pada awalnya, tujuan hidupnya hanya sederhana, menggembala domba, menjual wool, lalu meminang seorang gadis yang disukainya.. Namun, sejak bertemu dengan Raja Salem, yang memberi tahu nya arti mimpi2nya, tahulah si Anak Lelaki itu bahwa tujuan hidupnya telah ditemukan.. Jika dia berulang kali diberi mimpi yang sama tentang Piramida-piramida raksasa di Gurun Pasir yang menyimpan harta karunnya, maka ke sana lah ia seharusnya pergi.. Langkah pertama telah diambilnya, menjual domba-dombanya, lalu menerima dua batu langka dari sang Raja yang hanya boleh dipakai ketika mengalami kesulitan dan butuh jawaban.

Berangkatlah anak itu ke negara Arab, yang jaraknya 2 jam dari Spanyol itu.. tidak diduga, seluruh uangnya dicuri oleh orang yang baru saja dikenalnya.. Sejenak anak itu berpikir, pagi hari td dia masih seorang gembala domba dengan jumlah domba mencapai 60 ekor, dan malam harinya, dia adalah gelandangan di kota ini.. namun dia memilih tetap menjalani takdirnya, memenuhi mimpinya. Berbagai usaha dia lakukan untuk bertahan hidup hingga akhirnya dia bekerja di toko kristal. Dia ingin mengumpulkan uang untuk kembali ke Spanyol dan membeli domba kembali.. Tak lama setelah dia datang, toko kristal itu berkembang pesat sehingga tanpa sadar 1 tahun telah berlalu.. Dan akhirnya dia pun berpamitan pada pemilik toko..

Namun ternyata dia memilih menjalani takdirnya dan menyeberang ke Mesir.. Melewati padang gurun, bertemu orang Inggris yang mencari Alchemist, org yang dipercaya memiliki kekuatan gaib yang mampu mengubah besi menjadi emas. Sang Anak pun juga ingin bertanya banyak hal mengenai Bahasa Dunia, Jiwa Dunia pada alchemist itu.. Lalu bertemu dengan Fatima, gadis gurun yang berhasil mencuri hatinya ketika dia berada di Oasis di padang gurun..

Akankah si Anak berhasil meraih mimpinya ? akankah dia bertemu dengan sang Alchemist itu ? atau dia akan hidup bahagia bersama Fatima di Gurun ?

Sebuah novel yang cukup baik, dengan setting dan cerita yang cukup menarik.. Mengajarkan bahwa seharusnya kita mengejar mimpi-mimpi kita, tidak mengacuhkan hati kita.. Karena hati tidak ingin menderita, maka setiap kali kita mengacuhkan hati kita, maka lama-lama hati kita pun akan berdiam saja.. Selain itu juga, jika kita benar-benar menginginkan sesuatu, maka dunia pun akan membantu kita meraihnya (seperti inti dari The Secret ya ^^)