yah.. di sela2 waktu luang, lg baca2 7 th habbit.. dah perna baca sih sebelumnya.. tp jg kdg ngrasa susah untuk menjalankan petuah2 maut di dalemnya.. bahkan skrg dah ada 8th habbit kan.. hehehe..

yaa yg jadi fokus kali ini adalah kebiasaan ke 3 : Dahulukan yang utama.. isinya yah kurang lebih manajemen waktu gt..

Kegiatan2 kita itu isa dibagi menjadi 4 kuadran kalo menurut Covey , berdasarkan 2 hal, genting + penting.. kuadran I itu genting dan penting (harus cepat ditangani).. kuadran II itu tidak genting tapi penting.. kuadran III genting dan tidak penting (contoh nya telepon.. kan telepon itu kudu diangkat sesegera mgkn).. kuadran IV tidak genting dan tidak penting.. waduh ini mgkn contohnya ya nulis blog ini bee ya.. heheheh..

ak belum selesai mbaca bab ini sih.. (bahkan nglompati kebiasaan 1 + 2 yang seharusnya harus dibaca berurutan karena saling nyambung)..

yah sebisa mgkn, kita memenuhi waktu kita dengan kuadran II deh.. karena itu yang sebenarnya terabaikan banget.. kita lebih cenderung ngliat yng genting2 melulu.. dan kalo kita dah kecapekan, kita lari ke kuadran IV, dengan alasan bersantai-santai hehehe.. nah contoh kuadran II itu misal e pengembangan diri, pengayaan hubungan sosial, kesehatan dll..

sayangnya kita sering nya berada di kuadran I sih.. dan kalo kita banyak bermain di sini, tingkat stress pasti tinggi banget karena smua hal terasa penting dan genting..

bagi org yang g bertanggung jawab sih, senengnya maen di kuadran IV, dan mgkn kuadran III jg sih.. kayak saya jg mgkn ya.. hehehe..

nah, kalo mau ke kuadran II, saran buku itu, kurangilah kuadran IV, dan III.. kenapa I ngga ? karena kebanyakan I itu kudu selesai dalam waktu mepet, jadi sembari mengurangi kuadran IV dan III untuk kuadran II, kita jg berusaha nyelesaiin kuadran I.. dan dengan meningkatnya kuadran II, diharapkan lama2 kuadran I jg bisa terkikis.

begituuuu..

ya di atas si hanya teori dr buku sih.. hehe.. tp setelah dipikir2 jg ada benarnya kan.. hehe..