Five People You Meet in Heaven COver

Five People You Meet in Heaven Cover

Mitch Albom

Buku ini berkisah tentang Eddie, seorang kepala bagian maintenance di sebuah taman hiburan yang tugasnya adalah memastikan semua permainan di Ruby Pier berjalan dengan sebaik-baiknya dan aman untuk digunakan. Namun suatu hari terjadi tragedi yang menimpa Eddie.. Dia meninggal ketika akan menyelamatkan seorang gadis kecil yang akan tertimpa salah satu permainan yang rusak..

Arwah Eddie lalu melayang-layang.. Sejenak dia berpikir bahwa mungkin dia telah berada di surga.. tapi ternyata surga itu tidak seperti yang dibayangkannya ketika hidup.. (Menurut Buku Ini) Surga itu ternyata adalah tempat di mana kita akan memperoleh kedamaian dengan mengetahui berbagai fakta yang mungkin tidak kita ketahui selama kita hidup, yang membuat kita dapat melepaskan ganjalan2 hati. dan fakta2 itu akan disampaikan oleh 5 orang yang memiliki keterkaitan dengan hidup kita selama di dunia.

Eddie menerima penjelasan tersebut dari ‘si Orang Biru’ yang merupakan ‘orang pertama’ nya.. Eddie memiliki hubungan dengan si Orang Biru ketika masih kecil, maka dia pun merasakan emosi serta kondisi fisiknya seolah-olah seperti anak-anak.. segar, lentur, dan penuh keceriaan.. begitu juga dengan setting ‘surga’ itu yang berubah menjadi arena bermain tempat Eddie pertama kali melihat si Orang Biru itu.. dan akhirnya dia tahu juga apa hubungan dirinya dengan si Orang Biru yang pada sebelumnya dia tidak tahu siapa orang itu..Orang Biru ini mengajarkan Eddie bahwa semua orang pasti memiliki keterkaitan dengan orang lain.. dan terkadang satu kematian membawa kelahiran bagi orang lain, begitu juga sebaliknya..

Orang Kedua yang ditemui Eddie adalah Kapten.. Oleh karena itu, setting di ‘surga’ itu pun berubah menjadi medan pertempuran dan sejenak Eddie bernostalgia akan perang di Filipina.. saat itu Eddie adalah seorang tentara muda.. Oleh karena itu, dia merasakan kondisi fisik dengan otot yang tegang dan alot.. Dari Kapten ini, berbagai hal yang cukup penting diketahui Eddie.. beberapa di antaranya memang cukup menyakitkan.. Namun terkadang dengan hal yang menyakitkan itulah yang dapat menyelamatkan kepentingan yang lebih besar.. Selain itu, Kapten juga mengajarkan Eddie pentingnya kesetiaan.

Masih ada lagi 3 orang yang harus ditemui Eddie.. Siapa sajakah orang-orang ‘penting’ itu ? akankah Eddie pergi menuju surga yang sesungguhnya setelah selesai bertemu 5 orang itu ? Fakta-fakta apa sajakah yang akan didapatkan oleh Eddie nantinya ?

Buku ini adalah buku Mitch Albom pertama yang saya baca.. Thx to Carissa atas rekomendasinya.. tp ini buku lama sekali rasanya.. dan 2 hari ini adalah kali kedua saya membaca buku ini.. Terlepas dari esensi Surga yang menurut saya cukup beragam sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan, menurut saya, buku ini sudah memberikan esensi Surga yang cukup penting, yaitu suatu tempat yang dapat memberikan kedamaian batin bagi manusia.. Mungkin kedamaian itulah yang dirasakan Eddie tatkala satu demi satu fakta yang mengganjal hatinya mulai terungkap dan kebencian serta dendam di hatinya mulai hilang perlahan2..

Berkaitan dengan tema buku yang ‘dekat’ dengan kematian dan kehidupan menjelang atau sesudahnya, saya rasa Mitch Albom memang memiliki spesialisasi di tema ini. Terbukti dengan 2 buku lainnya yang juga sudah saya baca, Tuesday With Morrie (menceritakan hari-hari terakhir Morrie..) dan For One More Day.. Namun hal ini juga memberikan pembaca pandangan yang cukup menarik dan berbeda dari buku-buku novel fiksi lainnya..