The Ghost

The Ghost – Robert Harris

Buku ini berkisah tentang tokoh ‘Aku’ yang menjadi penulis bayangan otobiografi orang-orang terkenal. Autobiografi sejatinya merupakan biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh-nya, namun belum tentu semua orang yang memiliki berbagai pengalaman menarik itu mampu menuangkan dengan baik di atas kertas.. Maka profesi penulis bayangan ini mutlak dibutuhkan untuk menghadirkan tulisan yang lebih ‘berbumbu’ dan ‘berkualitas’. Penulis bayangan ini seringkali disebut dengan ‘Ghost’ di dunia perbukuan.

Setelah selama ini hanya ‘menuliskan’ otobiografi artis2, kali ini sang Ghost diminta untuk menuliskan biografi dari Adam Lang, seorang mantan Perdana Menteri Inggris yang cukup terkenal. Bahkan, untuk kepentingan itu, Lang dan keluarga nya serta sang penulis diundang ke sbuah resort oleh pemilik hak terbit biografinya dengan tujuan untuk memaksimalkan proses penulisan buku ini tanpa gangguan siapapun. Sebenarnya Ghost bukanlah penulis pertama biografi ini. Mike McAra, teman dekat Lang lah yang diminta untuk menulis. Namun, dirinya ditemukan tewas saat menaiki kapal ferry dan diduga dia mabuk sehingga terjatuh dari kapal dan tenggelam.

Ketika proses wawancara dan penulisan akan dimulai, Lang ternyata dalam posisi ‘under-pressured’ karena operasi Tempest, di mana Lang dikatakan memindahkan tawanan perang dari Eropa Timur untuk diinterogasi paksa, tapi tawanan2 itu akhirnya tewas. Hal ini menimbulkan kontroversi bagi dunia dan membuat Lang dilaporkan ke mahkamah internasional oleh mantan menterinya sendiri, sebagai penjahat perang. Apakah Lang memang seperti yang dituduhkan tersebut ?

Dalam buku ini, tidak hanya kisah Lang saja yang menarik, namun ada tokoh2 lain seperti Amelia Bly, sang sekretaris serta Ruth Lang, istri Adam Lang. Kedua wanita ini mampu menghadirkan warna-warna yang berbeda sehingga novel ini tidak terlihat seperti novel politik saja.Keduanya sama cerdas, dan memiliki hubungan istimewa dengan sang Perdana Menteri. Bahkan dikatakan di bagian awal oleh Adam Lang bahwa dirinya pertama kali memasuki bidang politik karena ingin mengejar Ruth.. apakah semua cerita itu benar ?

di bagian akhir-akhir dari novel ini, ketika semua cerita mulai terungkap kebenarannya, akan ada banyak sekali fakta-fakta yang cukup mengejutkan yang menarik. Bahwa kita tidak bisa memandang seseorang dari penampilan luarnya, namun seringkali dalangnya adalah seseorang yang berpenampilan biasa-biasa saja, tp sangat menentukan.

Buku ini memang tidak memiliki teka-teki menarik seperti buku-buku Dan Brown, tapi tetap menghadirkan sisi-sisi fiktif yang menarik dari suatu hal yang belum diketahui, sampai bisa terbongkar pada akhirnya. dan dari buku ini, kita dapat mengetahui bahwa belum tentu apa yang disampaikan dalam biografi itu adalah benar apa adanya, karena sama seperti menulis buku, bumbu-bumbu kehidupan berhak diceritakan ‘sesuai bahasa penulis’ nya tanpa harus benar2 100% fakta seperti jika kita menulis berita. Bukan tidak mungkin lagi bahwa biografi itu pun sebenarnya ditulis oleh orang lain, si Penulis Bayangan.

Rating : 3.5 / 5