aaa.. pilek berat nih meler2.. untung hari ini udah ngga terlalu.. setelah tidur 8 jam.. dari jam 10 mpe jam 6.. hehe.. mgkn inilah tidur tercepat dalam sebulan ini.. yaa sadar diri la.. selasa wes mau nggabungin Cadenza.. hari ini mpe senin pasti berjibaku dengan akeh tgas.. jadi, kalo dah capek dan sakit gt, drpd chatting2 mpe tgh malem, mending tidur ae lah..

yaaa entah napa kemarin isa pilek berat, mungkin karena cuaca yang aneh belakangan ini.. kalo siang puanaaaassss membara.. kalo malem, hujaaaannn ademmmm.. nah cuaca ini kan ekstrem juga ya kalo kyak gn.. badan manusia, sama seperti sistem2 lainnya, suka dengan kondisi yg stabil donk.. kalo siang dan malam aja ws beda jauh gt, yah jelas ae lama2 badan ini yah kesulitan adaptasi juga.. belum lagi hajaran virus2 dan kurang istirahat..

oh ya, kemarin kan deadline nya nyetor soal praktikum database tuh.. (lebih suka bilang database daripada basdat-basis data hehe).. nah ak jujur ae bukan org yg suka database.. bagiku, database itu hanya lah suatu tool untuk nyimpen data aja.. bagi ku lhooo.. hehe. karena ak tau masi banyak org yg lebih suka database timbang aku sih.. dan suka itu biasanya = ahli karena suka berarti semakin giat ngopreki.. yaa jadi ak sedikit kesulitan jg sih nangani Oracle.. hal yang bagi orang lain gampang, ak ya belum tentu mikir e gampang pula ^^.. nahhh kemarin bwat soal praktikum ae ak minta tolong tovan nih.. salah satu teman seangkatan yang ahli database.. hehe..

nah, kemarin pas dee mbantui aku bikin soal, dee blg ‘wah le semester atas gn, spesialisasi ne masing2 wes ketok’.. yaaa menurutku itu memang bener sih.. bagi mahasiswa semester 6 yang kebanyakan dah ngambil elective course (MKP) dan major, jelas berarti sudah milih spesialisasi untuk bertarung di dunia IT (kalo mmg mari lulus bergerak di dunia IT).. dan ak jelas lah g bermain di dunia database.. hhe.. nih aja sampe harus donlod e-book2 Oracle 10g spy bisa lebih tau ttg materi2 selanjut e.. ak sih lebih prefer ke networking (tp, setaun ini seolah2 meninggalkan CCNA ku hehe.. karena berbagai hal yang menjauhkan ak dari cisco wakkakkaka.. harus mulai di baca2 lagi nih soal e ada matakuliah networking juga).. dan comp science.. comp science sih ya akeh ya, tp ak lebih suka data mining ^^.. sayang kul data mining sem lalu menurut ku kuranng waktu untuk explore terlalu banyak.. hmm, kalo tovan seh wes jelas konsentrasi e di Information System.. kalo felix, di e-commerce dan networking.. mau bwat situs yang ngalahi facebook kata e.. hehe.. kalo glen, waduh ini wes jelas wes, wes jadi profesor pokemon di usia 20 taun..w akakakka.. tp dee Comp Science juga sih.. entah dee paling suka benere di mana.. kalo pas mbaca, silahkan diklarifikasi.. hehe..

yaaah jaman skarang, mmg spesialis itu yang lebih dibutuhkan.. hmm, tp yang tak maksud di sini yah, spesialis yg juga tau *sekedar tau* dunia IT secara holistik.. nda mungkin orang database hanya mengerti SQL tp g tau ttg networking dikit2.. la kalo oracle nya di client server kan, dia nda ngerti sistem IP, gmn donk ? trus, orang Comp Science, nda ngerti cara pake SQL , yah runyam nda isa nyimpen data2.. soalnya comp science itu identik dengan experiment dan dataset yang gueeeddeee.. sama halnya seperti dokter, yang harus menempuh dokter umum dulu baru jadi spesialis.. begitu pula kuliah S1 informatika.. menurutku sih.. jadi kalo lulus, kalian sih jadi seperti dokter umum gt.. dah bisa praktek, tp kebanyakan orang yg datang ke kita yah cuma ‘remeh2’ saja.. perusahaan gede pasti lebih suka spesialis..yah mgkn analogi yg bagus jga yah antara dunia komputer dan kedokteran.. hehe..

yaaa moga2 bbrp taun lagi saya bener2 jadi CCIE laaa.. haha.. dan kuliah di Waikato.. hehehe.. bagaimana dgn rencana pembaca yg lain nih ? ada yg berminat ke singapore setelah dgr presentasi ISS-NUS *bagi anak STTS yang ikut seminar^^* ? ato ada yang pengen kerja di game developer seperti GameFreak *developer Pokemon* ato Square Enix ? hehe… ak juga pengen kerja di Google sih untuk beberapa waktu.. demi pengalaman.. wkakakaka. bukan demi uang lhooo.. kata orang, kalo mau cari uang sebanyak2nya, jangan kerja ma orang lain kan.. karena si bos juga mau cari uang sebanyak2nya, maka dia pasti bayar kita sesedikit2nya sesuai kemampuankita hehe..

yaaa semester/taun depan wes lulus.. taun ini harus sudah memikirkan dengan matang apa yang ingin dilakukan.. karena kalo lulus tanpa perencanaan yang mateng, isa2 salah jalan nti.. hahaha.. yaaa, mgkn kalo melenceng pun, ak pengen jadi penulis novel ae wes nda papa.. hehe.. novel fiksi dunia sihir2 gt :p