ahh.. mau nya ngeblog, tp kayak nya juga nanggung ya hari minggu pagi gn cerita dari terakhir nulis ngap ae.. mungkin mendingan nti malem ae sekalian crita e hehe.. drpd pagi ini nulis, ntar malem nulis lg..

jadi, yaaa kemarin malem sempet pengen nulis2 aja sih.. selama jadi astep itu apa ae yang dirasano, apa ae yang terjadi.. hehe.. soale, ketokan e jadi astep itu yaa susah susah gampang, dan gampang2 susah.. senang2 susah dan susah2 senang.. hehe.. dulu sih katany akeh yg mau jadi astep (pas angk 2004-2005) gt, berarti kan enak ya ? hehe.. trus skrg lagi krisis astep, berarti kan orang ngliat e jadi astep itu susah to ? hehe..yaaahh ini hanya sharing la.. moga2 kalo yg membaca adalah calon astep, jadi punya gambaran.. hehe.. sem depan, secara de facto, astep nya sisa 6 orang.. sangat g masuk akal untuk nangani 12 praktikum (1 praktikum isa buka 1-4 kelas)..

nah, jadi astep itu bisa nda jadi beban berat, kalo job desc nya jelas, dan orangnya banyak.. untuk jumlah ini, yaah jelas lah secara individu workload = total workload/jumlah astep e.. sbg contoh, untuk jaga ujian kali ini.. ada 2 orang astep yg g menjabat lagi.. akhir e jadwal jaga 14 uts harus dilimpahkan ke astep2 lain.. nah lhooo.. itu baru keluar 2.. dari infor sendiri, sem depan akan hilang 5 orangggg.. o mi god.. jadiiiiii, bagi  yang kompeten, dan bersedia meluangkan waktu, harap mendaftarkan diri ^^ tp gini sih inti ne, kita (astep2 lama) g akan ngajak kalian untuk susah bareng, tp kami juga mencari bantuan agar kita semua sama2 enak lah.. ak g akan sengaja ngajaki orang supaya sama2 soro..

yahh di bawah ini mgkn adalah list dari apa yang positif dan negatif

positif :

  • populer :p laa astep itu cuma ada 10-15 an orang dari total angkatan 3-4 taun.. dari 300-400 orang, tentu yg 15 ini populer ya kan.. hehehe.. kecuali kalo ndekem2 di dalem lab aja.. tp kalo ngastepi banyak, ya otomatis dikenal dewe lah.. hehe..
  • akeh konco baru.. baik praktikan maupun ashor e.. trus juga astep lain (angk atas dan bawah) serta dosen2 hehe..
  • dikenal dosen.. lumyn lo g semua orang isa ngobrol dengan dosen scara leluasa heheh.. kadang kalo kesusahan, bisa diajari secara privat (kalo pas terlihat susah di lab dan dosen e liat ‘lagi belajar apa ‘ , trus kt tanya2, pasti deh diajari :p..).. trus isa nanya2 hal2 advance (misale TA) lebih enak..
  • secara umum, skill akan lebih meningkat.. g lucu kalo astep e ketok dodol di depan kelas.. jadi yg jadi astep ini otomatis akan berusaha belajar meningkatkan diri dewe.. drpd malu :p
  • ngerti banyak ttg prosedur2 di skul.. misal e ijin pake lab.. ijin lain2 e.. bisa jadi bekal pengalaman di kemudian hari..
  • ngerti banyak ttg hal2 lain, seperti admin dan ngatur server, baik windows,linux maupun mikrotik (yg isa ae.. hehe.. tp kan setidak e isa belajar di lab), masang dan mbikin kabel LAN (hehe), nyetting LAN untuk skala 40 komputer.. lumayan cukup untuk pengalaman kerja
  • semakin lihai menilai kemampuan orang/praktikan.. terutama untuk pembuatan soal.. astep itu lek mbwat soal, lama jg mikir e. ya gara2 harus ngliat kondisi kelas jg.. kalo mmg akeh yg pnter, yaa layak la diberi cobaan ‘cukup’ hehe.. sebalik e, yaa dikasi yang biasa2 saja.. ndak adil ? yaa itu adil menurut ku.. adil itu selalu sesuai dengan kemampuan kan.. hehe..
  • pigi2 ma astep2 dan kalab hehe.. acara keluarga besar lab.. hasil e ya kayak di foto2 yang beredar itu deh :p
  • time management.. ini jg otomatis sih.. soal e ngastepi + kuliah + praktikum itu kan y g kalah sibuk e mbe SBY kok.. hehe.. kalo g pengen belepotan dan kewalahan, pasti harus ngatur waktu.. termasuk manajemen untuk bolos di saat tepat untuk matkul yang tepat.. heheheh..
  • ngerti gosip2 yang bakal beredar di stts lebih cepet.. hehehe.. *nda terlalu penting sih yg ini*

negatif :

  • akeh musuh baru juga.. praktikan yang selalu ngrasa praktikum itu mbebani hidup.. trus selalu ngrasa soal itu angel.. padahal udah diajari di tutor.. tp mgkn internetan ya pas tutor.. jadi e g ngerti apa2.. trus astep e dienyek2.. blg e buat soal setara s2 (terjadi beneran ini :p)
  • karena dikenal dosen, maka kalo bolos, pasti ketauan hehehe.. apalgi matkul kalab.. sudah terbukti.. hehe.. apalagiiii, kalo yg bolos langsung 3 astep (seperti di orkom sem lalu).. mudah menjadi objek sasaran hehehe..
  • harus bikin soal setiap minggu (slm 8 minggu) dan dikonsultasiin ma dosen matkul ybs..
  • capek.. ngurusi lab.. ngurusi praktikum.. soal e orang e minim.. kalo orang e akeh seperti wktu ak baru masuk.. uenak pol..1  orang cuma jaga 2 praktikum.. syarat e, astepe jumlah 12-15.. hehe.. dan itu lah yg sdang diusahakan ma kami2 .. dengan mengajak temen dan junior2.. hehe.. supaya kita untung, kalian juga untung.. wakkakaka..
  • sering pulang malem.. gra2 sem ini akeh anak angk bawah yang ngambil prak angk atas.. akibat e program schedule solver e susah nyari jadwal yang pas, dan akhir e ya dapet e malem2 gt… tp, sem depan sistem e pasti berubah.. soal e jadwal matkul, ujian, dan praktikum keluar di depan semua (sblm perwalian).. jadi, bukan lab yang ngikuti jadwal praktikan, tp praktikan yg ngikuti jadwla lab.. dri dulu ak dah ngusul gini sih.. dan secara saya yang bakal mewarisi schedule solver itu, saya bakal minimkan jadwal malam itu.. saya Andy Saputra, bergabunglah dengan saya.. wakkakakakakkaka
  • waktu berjalan seolah2 begitu cepat saking akeh e kerjaan baik kuliah maupun ngastepi hehe.. jam tidur juga berkurang, soal e pulang e malem2 jam 9, masi harus kerja tugas, bwat soal, ampe krg lebih jam 12-1.. abis gt ya tidur mpe jam 8 maks e.. tp ak g suka bangun ‘siang’ gt hahaha.. suka e bangun pagi jam 6.. repot kan.. pas nda ada kerjaan mau tidur cepet, malah g isa tidur.. tp blkgan isa lagi tidur cepet e hehe..

ah apa lagi yah.. hehe.. nti kalo kepikiran lagi mgkn tak update lagi deh.. hehe.. tp data-data di ats itu mmg jujur dan benar adanya.. yaaa, bee ae mari gn astep2 laen yang pny blog , setelah mbaca post ini, juga nulis hal serupa.. pengen tau jg bener e mereka ngrasano apa yaaa selama jadi astep.. hehehe.. karena toh menurut ku suka duka e ya relatif imbang toh.. hehehe..

yaaa kita liat saja apakah semester depan dapat berkembang lebih baik lagi.. ato sudah saat e praktikum itu dihapuskan ? hehe..