Yahh.. seperti yang kita tahu ya, tgl 9 nti, ada pemilu bwat milih Caleg dari dapil masing2.. dan seiring dengan makin dekatnya Pemilu, kita dibanjiri iklan2 baik dalam porsi jumbo (durasi lama, halaman koran yang gede), ataupun poster2 caleg di pinggir jalan..jadi, hari ini pengen nulis ttg pemilu aja deh :p

Pertama, ak sih pengen nyorot poster2 caleg di pinggir jalan itu.. apakah itu sarana promosi yang efektif ? hanya dengan nempel foto (yang sukur2 kalo belum dicoret-coret, ditambahi kumis :p ) apakah bisa membuat masyarakat mengenal anda ? menurut saya ya ngga segampang itu.. untuk bisa dikenal baik secara luas, anda butuh track record yang memadai sehingga masyarakat akan memilih anda sebagai wakil di parlemen.. Kalo cuma nempel foto, ak y isa lhoo.. hehe.. tak blg i ae.. semua orang yah bisa kalo cuma masalah nempel poster.. mari gt ngasi kalimat2 ‘mutiara’.. nda susah itu. yang susah itu bertindak sesuai dengan apa yang dijanjikan.. ak sendiri jujur aja, dari sekian banyak foto itu, yang ak tau orang e paling cuma 5% aja.. alias 5 orang dari 100 poster.. 1-2 org itu pun mereka yang sudah jadi anggota DPRD, bahkan menjabat ketua.. seperti pak Armuji ketua DRPD dulu.. trus ada Indah Kurnia, yang juga menjabat sbg Manajer Persebaya.. Public Figure semacam itu, menurut saya sih, yah gpp kalo naruh foto besar2.. toh mereka jg dah dikenal.. tp bagi yang belum, alias tidak terkenal, apa gunanya naruh muka mereka ? toh jadi rasan2 malahan.. ‘Ini sapa toh ? g ada apa2, g nglakuin apa2, kok nempel foto besar2, mau jadi caleg atas dasar apa?’.. gitu.. hehe.. jadi, tolong dipikirkan ulang deh sarana promosi ini.. hehe.. kok kesan e bener2 membanjiri kota dengan muka-muka orang g dikenal..

Kedua, iklan partai politik di TV.. Ini sih dah dari taun lalu ya dah sering banget.. contohnya yang namanya Geri***a.. hampir tiap hari ntn iklan e.. semakin deket pemilu, semua partai pun berlomba2 masang iklan di TV.. yang nggarai bosen aja.. mendingan ntn iklan komersial malahan.. sapa tau artis e ayu gt. hehe.. lah ini.. iklan e.. seolah2 pidato yang menggugah semangat.. tp siapa tahu ada motif tertentu dibaliknya kan.. bosennnn.. saya lho butuh perubahan yang anda janjikan.. g butuh iklan :p Bosen aku ngliat iklan yang menunjukkan keindahan dan kehebatan alam Indonesia, tp nyata e ya mek di iklan tok.. yg diliatno sawah e yang ijo.. tp petani e seng miskin y g diliatno.. hehe..

Ketiga, iklan yang mengklaim keberhasilan pemerintah.. ak ngliat, skrg semua partai (terutama yang gede) kok ndompleng program2 pemerintah yah.. misalkan BLT.. partai tertentu *berlambang banteng* yang ketum nya bilang BLT itu sebuah kegagalan, tp di iklan pemilu nya malah bilang ‘Mengawasi BLT’.. lak SWT.. trus lagi, di salah satu debat di tv kapan hari, ada anggota partai itu yang bilang ‘Kami dari Partai ***P, ingin agar masyarakat tahu bahwa partai kami juga ikut berpartisipasi.. Buktinya, fraksi kami di DPR ikut memberikan suara dan menyetujui’.. lho pikirku, yah kamu dulu gencar2 e nolak, bahkan ketua ne blg BLT itu ndak ada guna e, pemborosan, deket2 pemilu malah bilang setuju.. g konsisten blas.. Partai Gol**r juga g mau kalah donk.. bahkan kayaknya di Iklan, domplengannya lebih jelas lagi.. ‘BLT kan idenya Pak J**** K****’.. nah lhooo.. pdhl menurutku BLT sbg produk pemerintah yang sekarang (SBY-JK), tentu tidak bisa diklaim keberhasilan partainya.. baik partai SBY maupun partai JK..itu semua adalah kolaborasi dari kabinet, baik presiden, wapres, maupun menteri2..

Keempat, politik menjatuhkan musuh dengan membeberkan bukti2 kegagalan (dan tidak mengapresiasi keberhasilan) serta menjanjikan yng lebih baik.. Dulu sempat heboh antara partai merah dan partai biru yah.. hehe.. ada yang bilang pemerintahan ini naik turun.. dan antisipasine baik juga.. Jawaban e, angka kemiskinan e turun, pengangguran turun, dll.. trus pendapatan per kapita e naek.. angka ekspor naek.. waduh.. menrt ku itu kreatif sih. hehe.. tp itu aksi yg reaktif.. menurutku y g perlu.. tp sekali lagi, karena dekat dengan pemilu yah tentu harus memperbaiki citra donkk.. hehe.. tp menurutku cara2 kayak gini ini ws g dewasa lah.. bkn e memperbaiki negara ini, malah sibuk mencerca dan meneliti semua kegagalan.. wew.. parah..

Terus, menurutku, di kampanye2 mereka, apalagi yg non-incumbent, semua e berjanji sangat2 muluk.. misalkan, menurunkan harga sembako.. yah, tak tanya wes.. mampu tah kamu menurunkan harga sementara harga barang naek kabeh ?? lah kalo harga sembako turun, pendapatan e petani ya otomatis turun, daya beli e juga turun toh ? trus, kalo penyebab harga sembako naek adalah harga minyak dunia yang ikutan naek, bisa apa pemerintah ?? skrg Indonesia aja dah bukan anggota OPEC.. la wong minyak e diangkut ke LN kabeh.. trus dibeli dewe dengan harga berlipat2.. wew.. Habis itu, ada juga capres yang pengen mbagiin 1 juta laptop ke mahasiswa.. pertanyaan ku, perlu ta laptop itu ?? gmn kalo uang kuliah nya yg diturunkan/digratisin malahan ? Silahkan yah, kalo anda terpilih, buktikan janji anda itu bung/bu.. jangan cuma besar mulut aja.. Bagi yg incumbent, tentu karena lebih paham masalah yang dihadapi, janji nya mmg g semuluk2 itu.. tp lebih realistis..

Kelima, partai e buanyak pol.. tp menurutku g semua layak ikut pemilu.. Lah ada partai yang entah dari antah berantah gt kok ya isa ikut.. dan ak heran e kok ya isa ada massa pendukung e yah.. hahaha.. entah gmn seh ndirino partai itu.. kesan e kok gampang banget.. tp lek narik orang jadi astep, uangeellll.. hehehe.. bahkan sampe ada lo, partai yang ngubah nama e karena ingin ikut pemilu lagi, setelah dinyatakan g layak ikut pemilu taun ini karena gagal di pemilu sblm e.. dengan ganti nama, kan jadi e dianggap partai baru lagi.. wew.. puarahhh.. ada sekitar 30-40 an partai yang ikut.. negara sebesar US saja hanya punya 2 partai utama.. Demokrat dan Republik.. Tampaknya Indonesia lebih demokratis timbang US ya, tp juga lebih tidak efisien..

Keenam, banyak orang yang pengen jadi presiden.. Ini juga yang ak heran.. kok isa2 ne semua orang ngrasa layak jadi Presiden yah..yah mmg untuk sebagian orang *wajah baru* mmg belum diketahui gmn kinerjanya.. karena mmg track recordnya di posisi sbelumnya cukup bagus *misalkan beberapa gubernur*.. Namun, bagi mereka yang udah terbukti gagal *di pemerintahan sblmny*, kok ya masi g malu mencalonkan diri.. bahkan berkoar-koar lebih mampu mengatasi masalah.. aduh.. sadar diri donk :p

Ketujuh, apakah merubah Indonesia ke arah lebih baik harus jadi Presiden dulu ? inilah yang ak heran dari dulu.. Mengapa kok harus jadi presiden dulu baru bisa mengubah Indonesia ? ak yakin semua calon presiden itu memiliki backing dana yang kuat.. menurutku, kalo mmg mereka ikhlas ingin merubah Indonesia, daripada beriklan2 yang mahal2 (kayak e iklan gitu itu bisa sampe bermiliar2), mendingan tunjukin donk kerja nyata nya anda2.. uang segitu bisa dipake bwat ngidupin listrik di desa dengan basis mikro listrik yang pake PLTA sederhana itu lhooo.. programnya Mbak Puni tah sapa itu yang dah membantu ratusan desa ‘melek’ dan ‘terang’.. hehe.. menurutku, orang2 kayak beliau itu justru yang layak jadi presiden.. karena beliau lebih banyak bergerak drpd ngomong doank.. Kalo mmg anda dah ikhlas, dan lebih banyak bergerak dulu mengatasi masalah2, tentu orang akan dapat melihat kinerja anda, dan g usah diminta pun orang akan memilih anda kok.. Inilah salah satu contoh salah persepsi.. bahwa perubahan hanya bisa dilakukan dengan adanya kekuasaan.. pdhl yang diperlukan hanya tekad dan kemauan aja :p.. dan keikhlasan sih..

Kedelapan, menurutku lebih baik pemerintahan skrg dilanjutkan sih..  waktu 5 taun itu sangat sedikit untuk pembuktian menurutku.. Yah bayangkan aja dah PM di Singapore dari merdeka sampe skrg baru ada 3.. itu pun melalui proses suksesi.. namun , mereka mampu menjalankan pemerintahan yang stabil. g kayak Indonesia… dikit2 ribut tok ae.. yg lagi memerintah pun lama2 y gerah.. lek isa, saking mangkel e, ya pemerintah ampe blg ‘Woi.. jok ngomong tok.. ayo sini beresno masalah e lek kon isa’.. hahahhaha.. Jadi, kalo nantinya saya akan vote, kayak nya saya bakal milih pasangan incumbent *kalo mereka masi bareng sih hehe* yang menurutku udah lebih bagus drpd pemerintahan sblmnya.. menurutku dalam 5 taun ini, dah lmyn banyk yang dicapai Indo sih.. dr masa sblmnya..

yah.. ini hanya pendapat subjektif dari saya saja.. tidak bermaksud mendiskreditkan siapa2.. hanya menyuarakan pendapat.. yang sangat panjang :p.. hehe..