yaaa.. ini sambil ntn Suara Anda di metro tivi.. tema e hari ini, caleg gagal, kenapa stress ?? yaa tempo hari kan ak jg dah kasi comment di post sblm e yg ak ntn ada panti rehabilitasi yang kebanjiran pasien caleg2 yg ggal ya.. yaah mari kita bahas deh :p

pertama2, kita mesti tau dulu.. napa sih kok buanyak banget org yg pengen jadi anggota legislatif.. alias DPR.. baru aja dipaparin di metro, kalo gaji anggota DPR itu sekitar 45 juta per bulan (gaji pokok nya aja 15 juta, ditambah tunjangan2).. bayangin aja.. tunjangan komunikasi (yg di pikiran ku adalah pemakaian hape, internet) sekitar 12 juta.. itu pake apaan ? internet unlimited spidy aja 750 rb.. pake hape pun ya mbok ya pake hape murah2 gt lho.. negara miskin malah dibuat tmbh miskin.. sinting!! mari gt, tunjangan listrik 5 juta.. lah, itu rumah e anggota dpr ta pabrik home industry emg e ? yg bener ae bayar listrik 5 juta itu.. buka AC tiap hari 24 jam masak bisa bayar  5juta ya ? jadi kalo 45 jt x 12 bulan, kurang lebih 500 jt setaun lah.. masi ditmbh 15 juta gaji ke-13 dan tunjangan reses 120 juta.. edian.. pemalakan dan pemerasan terhadap negara menurut ku..

gaji2 di atas ini kan yg dibayar negara.. blm lagi desas desus kalo jadi anggota DPR itu, isa dapet akeh proyek.. dapet korupsi.. dana2 g jelas yg masuk kantong (tentu dengan imbalan, kdg yaaa pasal2 di UU kita itu deh yang nguntungin pihak tertentu ^^)..  nah lhoo.. berarti benefit yg diperoleh menurut ku cukup banyak kan ?? pasti.. menurut ku itu uakeh tenan yo. bahkan tanpa korupsi dsb, 45 juta per bulan itu menurut ku  ws cukup banyakkkk.. lahbandingan e yah.. ekstrem.. gaji astep, jam kerja 40 jam seminggu (menurut kontrak :p), 400 rb.. 40 jam seminggu itu ya jam kerja normal 8 jam sehari senin-jumat.. mgkn anggota DPR jg 40 jam kerja.. 45 juta lo.. wuih2.. 100 kali lipat..capek e yo podo capek.. ak malah g perna ketiduran pas ngastepi maupun pas kuliah, smntara anggota DPR itu bolak balik ketangkap kamera lagi tidur :p

nahhh.. tentunya, semua benefit di atas itu g isa didapat dengan mudah.. apalagi bagi calon2 baru.. *terutama bagi mereka yang kemampuan nya pas2an, tp memaksakan diri*.. salah satunya adalah setoran ke partai politik yang menjadi partai bernaungnya.. mmg ak g perna mergoki hal ini.. cuma denger2 dari koran, berita gt aja.. tp itu pun masuk akal menurut ku.. sesuai pepatah, ‘there is no free lunch’ g ada yg gratis jmn skrg ini (ya ada, tp dikit yg gratisan :p ) dan semua modal awal, kampanye2.. poster, baliho, dan iklan2 laen e yg jelas pake uang yg g sedikit.. semua tentu diharapkan akan bisa mbalik modal, jika 1 taun aja isa dpt 500 juta, kalo 5 taun, dapet 2,5 miliar tuh.. ws cukup bekal pensiun menrutku.. didepositoin aja.. misalkan aja 2% per bulan.. dah 50 juta pek.. omi god.. bener2 pasive income.. palagi kalo pinter2 diputer ke investasi gt.. wuahhh.. bekal 5 taun yg cukup..

nah tp seringkali, caleg2 itu hanya maju karena ‘bisikan2’ gila dari org sekitar e yg kurang realistis.. trus bisikan dari dalem yg ngomong kalo mereka itu layak maju.. yah mgkn mereka mmg layak dari sisi kualitas.. namun, politik itu g senaif itu bung.. guyon aja.. maju cuma gara2 dibilangin orang ‘eh, kamu nih lo kan pinter, jiwa nasionalis.. coba masuk o partai X, pasti isa jadi caleg.’ wooo gundul mu itu .. haha..

nahhh, karena semua pengorbanan itu lah, g heran semua caleg bener2 dag dig dug ketika pemilu lalu.. dan terbukti, mereka akhirnya jadi stress dewe begitu hasilnya g mencapai suara target mereka.. bahkan di koran hari ini, ak baca ketua DPC partai tertentu yang stroke gr2 partai ne g dapet 1 suara sedikit pun, pdhl target e dapat 3 kursi di DPRD.. aduh2.. bung2.. maka e be realistic juga lah.. kasian juga sih ak mikir e.. mereka itu ampe jual toko, jual rumah, jual mobil.. jadi kebayang, mereka itu bener2 habis2an, trus gagal pisan.. piye g stress ?? tp ya lek tak bilang, ya bodo pisan kan.. mempertaruhkan segala sesuatu *termasuk keluarga ne* untuk hal yg g pasti itu bener2 hal bodohhhhh.. dodollll.. dan aku kira, hal itu hanya dilakukan oleh orang2 tamak.. jadi , menurutku, yaahh cuma ‘sukurin’ aja.. hehe..

dan untungnya lagi, caleg2 itu ndak beneran masuk ke DPR kan.. bukti e gn aja ws jadi ‘gila’.. cupu2.. mau punya anggota DPR yg gila ? g mau kan.. hahaha.. rakyat itu y g bodo lhoo..

yah moga2 hal ini jadi bahan pikiran dan introspeksi orang2 itu *kalo udah sembu dari kegilaan* bahwa hidup ini nda segampang yg dikira.. semua e butuh pengorbanan dan kerja keras, dan sikap g tamak.. apalagi untuk jadi anggota DPR.. kalo cm mikirin duit pribadi ya g isa berhasil la pasti.. *walaupun kenyataan e akeh2an e anggota DPR itu ya mmg mikir bwat duit pribadi sih.. *

yahhh entah apa jadi nya lah negara ini setelah pemilu 2009.. tambah memilukan ato tmbh baik ? siapa yg tau ? hoho..