yaahh belakangan ini yah, di koran, santer terdengar, elit2 partai2 peserta yang kalah2 di pemilu legislatif lalu bolak balik bertemu untuk membicarakan pemilu yang kata e g fair ini.. di sini curang lah di sana curang lah.. semuanya dikata2i curang.. mmg aneh tapi nyata, kalo mmg curang, ada bawaslu yang berwenang mengawasi jalannya pemilu.. tp keliatannya, orang Indonesia *terutama di bidang politik* masih alergi sama yg nama e kekalahan.. lek mau survey aja slama ini pemilu2 masi o pilgub gt, ada kah yang tidak ada gugatan e ? g ada.. itu lah.. janji2 siap kalah itu cuma omong kosong doankkkkk *sampai yg tak liat skrg ini sih *

barusan baca koran Jawa Pos.. ada berita gn nih.. para capres yang tergabung dalam Blok Teuku Umar (ada Wiranto, Bu Mega, Rizal Ramli dll) yang ngomong kalo mereka bakal g ikut pilpres kalo ga ada pertanggungjawaban masalah pemilu lalu dalam tempo 2 hari.. menrut ku ? ya ws le g mau jadi capres ya ws toh diem2 o ae g usah ngajuno diri.. daripada berkoar-koar sekarang,  seperti anak kecil yang ngambek kalo permintaannya g terkabul *ato susah terkabulnya :p * .. jelas2 popularitas kalah kok masi protes2..bahkan menurut ku presiden SBY g usah pusing2 lah ngurusi capres2 saingan e itu.. banyak iklan aja di tivi2, dengan janji mau merubah indonesia (tp dengan catatan kalo kekuasaan udah ada di tangan.. jadi kalo belum jadi presiden, yaaa merubah indonesia ? sori aja suruhen presiden mu.. le mau tak rubah, jadi no ak presiden sek.. gitu sih yg tak tangkep dari calon2 itu.. ) le mmg g mau tanding ya gpp kan.. SBY melenggang lagi.. gitu aja kok repot.. *tapi baru ak baca kemarin kalo pemilu tidak bisa dilakukan kalo cuma ada 1 calon tunggal*  mmg pemilu kali ini  ya akeh kelemahan lah.. tp rasa e dulu taun 2004 yang juga bukanlah pemilu yg sempurna kan, dan waktu itu, SBY g perna nyerang incumbent yang lagi berkuasa *dan seharusnya bertanggung jawab atas pemilu* mengenai pemilu yang mgkn juga amburadul *sudah lupa soalnya* .. justru menurut ku incumbent saat itu bener2 g dewasa.. bayangkan ae, karena merasa ditelikung oleh mantan menterinya (waktu itu kan SBY masi jadi menteri.. trus ngundurin diri tuh).. sampe skrg g mau hubungan ma SBY.. orang Indonesia juga tau itu sifat e anak2..

Nih kutipan dari SBY di detik.com :

“Mari berkompetisi dengan baik dan ksatria. Jangan terlalu galak-galak menyatakan curang, tidak baik demokrasi seperti itu. Saya punya memori dengan beliau-beliau di Pemilu 2004, tapi biarlah,” sambung SBY.

http://pemilu.detiknews.com/read/2009/04/21/155433/1118997/700/sby-minta-pengancam-boikot-pilpres-bantu-benahi-dpt

nah SBY jg berharap capres2 lain mbantu proses DPT ini.. lek menrut ku sih,  capres2 laen e itu jok omdo.. dengan gampangnya bilang boikot seolah-olah pemilu itu hal remeh.. ada salah ? diulang lagi.. masi protes ? diulang melulu.. lek mmg serius ingin memperbaiki bangsa ini *trutama di bidang politik* ,marilah kita  benahi bareng2.. bukan dosa pak SBY semata kalo pemilu e gagal.. presiden itu hanya salah satu elemen dr kasus pemilu ini.. masi banyak elemen laen, seperti Bawaslu, KPU, KPUD dan lain2.. kalo yang ‘main kotor’ ternyata atas inisiatif orang2 sendiri di daerah, apa lantas yang disalahkan juga Presiden ? kan tidak begitu juga..

Sebenarnya, posisi pemerintah sekarang ini amat riskan. Dengan adanya rasa tidak puas dan kecurigaan terhadap pelaksanaan Pemilu Legislatif. Bisa-bisa partai yang memerintah dijadikan sebagai musuh bersama (common enemy) oleh partai-partai ini,” jelasnya.

ini contoh quote dari Yusron Ihza Mahendra, salah satu pengamat politik..

kalo mmg pemimpin2 yang mengancam boikot itu yg mau jadi presiden.. ya jujur ae, mendingan g usah ada presiden sekalian deh.. hahaha.. walaupun menurut ku SBY bakal isa maju lagi sih.. * tapi ternyata terhadang peraturan bahwa di pemilu tidak boleh ada calon tunggal.. entah kita liat saja siapa saja yang bakal maju jadi capres.. *

sehubungan dengan ‘cita-cita’ para calon pemimpin bangsa, yaitu ingin mengubah Indonesia ke arah yg lebih baik, sekarang kalo dipikir scr gampang2 saja, apakah ingin menurunkan harga sembako harus jadi presiden ?? g perlu lah.. beli aja semua beras di Indonesia dengan harga pasar, mari gt dijual lg separoh harga.. gampang kan ?? ingin menurunkan biaya pendidikan dan membiayai semua anak Indonesia hingga tamat wajib belajar ?? mudah saja.. silahkan menjadi orang tua asuh bagi semua jutaan anak-anak yang membutuhkan tersebut..  mau menciptakan lapangan kerja ? yah silahka buka pabrik2 baru pake duit dewe toh.. trus pekerjakan org2.. mau menurunkan angka kemiskinan ? bwat lapangan kerja dw, bagi2 uang pribadi.. jadi, apa perlu nunggu jadi presiden ?? mohammad Yunus aja setau ku bisa mengubah hidup negara Bangladesh tanpa perlu jadi presiden kok..

ahhh.. bener2 capek koran headline e protes2 tok.. mmg orang yg kalah itu selalu protes :p.. yah org lagi bad mood gn.. akibat e yaaa cukup keras berpendapat ttg pemilu itu.. hehe.. mmg ak cukup  panas si di post kali ini ya.. tp ak bukan orang e SBY.. ak bukan kader e partai demokrat.. yang jelas ak muak mbe tingkah laku elit2 politik di negeri ini.. pasti ya cuma diguyui tok mbe ratusan juta rakyat laen e lek model e gn terus.. liat saja hilary clinton, John Mc Cain yang dengan besar hati menerima Obama, bahkan habis kalah malah mendukung, bukan e malah g ngomong2an sampe skrg :p

*post ini baru saja diubah tanggal 22 April 2009 jam 20.35 WIB, agar lebih enak dibaca, dan tidak terkesan terlalu kasar dan skeptis terhadap pemilu 2009.. bagaimana pun, penyelenggaraan pemilu ini jga butuh kerja keras dan mari lah kita hargai upaya2 untuk melaksanakannya dengan baik.. Tolong jangan diliat juga post ini ada unsur politisnya.. karena saya hanya pengamat amatiran, yang melihat dari koran, bukan dari analisis pengmat politik ^^..terakhir, salam damai dan sukseskan pilpres mendatang.. Semoga Indonesia semakin makmur dan maju !!