yahh.. dari bbrp hari ws mau nulis sih ya.. hehe.. tp kemarin abis baca2 detik.com.. jadi mau nulis.. dan karena masi tidak ada ilham, yah nda jd nulis lg.. dan hari ini, karena ada pembaca setia yang menanyakan kelangsungan blog ini, jadi yah saya nulis saja lah.. haha.. jam stengah 1, saya masi belum ngantuk jg .. sial.. pdhl udah g tidur siang.. udah melakukan segala cara (kecuali minum obat tidur) untuk dapat merasakan ngantuk alami.. yah sudahlah.. sebelumnya, AI itu mengacu pada artificial intelligence (kecerdasan buatan) dan CS mengacu pada computer science.. just in case ada pembaca yang bukan anak infor.. hehe..

nah, berita yg tak baca itu gini nih.. judulnya .. Riset di Luar, AI Indonesia Lambat Berkembang.. ada di detik.com kok beritanya..

nah isi2 yg mnurut ku penting aja yah.. tak quote..

Perkembangan Artificial Intelegence (AI) di Indonesia berjalan lambat. Hal ini disebabkan karena penelitian dan pengembangan di perusahaan tidak dilakukan di Indonesia.

“Saat ini handphone sudah bisa apa saja. Fungsi apa yang belum ada di handphone saat ini? Atau kamera digital saat ini yang menggunakan proses kontrol sensitivitas gerakan. Sudah banyak kamera yang tidak akan memfoto obyek yang tidak tersenyum. Itu ada AI yang ditanamkan di situ,” terangnya berapi-api.

Indrawanto juga meyayangkan kondisi di mana tenaga kerja dibidang IT, khususnya di bidang AI, belum mendapatkan kesejahteraan yang layak. Padahal secara kemampuan dengan negara lain yang lebih maju, Indrawanto menjamin tenaga kerja di Indonesia tidak kalah bersaing.

Nah.. menarik jg kan.. AI tuh benernya adalah suatu hal yg menarik karena menjanjikan otomatisasi alias ‘mengatur’ komputer spy ‘secerdas’ manusia dalam mengambil keputusan dan melakukan bbrp hal.. dari namanya aja kan udah jelas yah.. buatan.. hehe.. pasti ga sesempurna kecerdasan buatan Tuhan lah..yah.. mnrt ku sih, masi banyak orang yang menganggap AI itu kayak di film2 aja.. robot2 yang bisa mengerti manusia.. komputer2 canggih yang bisa berkomunikasi ma manusia, bahkan berubah menjadi penjahat dan ingin menguasai bumi (film2 itu ak rasa masi terlalu cepat 30-50 taunan untuk dijadikan kenyataan..walaupun mgkn udah ada arah ke sana, tp tinggal matiin listrik aja mestinya dah selesai, kan.. hehe)..

tp sayangnya, mnrutku AI di Indonesia itu berjalan di tempat.. dan g cuma AI.. *oh ya, ak ngom di sini AI sebagai suatu disiplin ilmu yg gede,yg mencakup machine learning, comp vision, NLP, dll .. bagi mahasiswa non-IT.. maaf sekali lagi maaf kalo nda mudah dimengerti hehe*.. tp comp science pada umumnya.. kenapa ? jelas.. karena ilmu2 tersebut butuh penelitian, dan hal-hal yang berbau penelitian jelas bukanlah bidangnya Indonesia untuk saat ini.. hal2 yang aplikatiflah yang akan lebih mudah diterima masyarakat.. mmg masyarakat awam *yang g kuliah IT* tentu suka aplikasi yang user-friendly dan mudah dipake,serta langsung keliatan hasilnya.. yah mmg tidak bisa disalahkan juga.. sbg negara berkembang, tentu di benak masyarakat kita, lebih penting mengurus masalah2 hidup *alias cari makan :p* daripada mengurus penelitian yang masi kabur arahnya *karena keterbatasan teknologi jg*..

nah, indikasi semakin tenggelamnya AI (ironisnya, pdhl AI di luar negeri semakin berjaya saja kayaknya) adalah semakin berkurangnya minat mahasiswa di kampus ku dw (g usah jauh2 kan cari conto hehe) untuk mengambil major CS.. major CS ini kurang lebih di-identikkan dengan hal2 yg berbau AI kalo di kampusku.. cm AI yg agak advance lah.. banyak mata kuliah sangar2 di sini.. tp ternyata, kebanyakan mahasiswa bukan memilih matkul yang sangar itu sih.. tp yg mudah, yg aplikatif, dan yg bisa dipake kerja.. yahh.. mmg realistis aja sih yah.. hehe.. mmg sih, org bakal blg, masio belajar CS susah2, lek kerja e di indo, paling2 y jadi programmer.. sama ae mbe major laen.. yg penting cepet lulus kan..

yaahh.. pandangan mereka itu sangat tepat lah menurut ku.. mmg g ada sedikitpun salah e sih.. hehe.. dan secara pemilihan major pun juga berkaitan erat dengan ‘kesukaan’ tiap orang di bidang IT yg sangat luas itu.. maka pemilihan major sebener e jadi hal yg sangat subjektif.. jadi bukan pada tempatnya kalo ak ngomentari org dari major laen (karena saya orang CS hehe).. tp mmg bener sih.. lulusan CS mmg g mendapat keistimewaan di indonesia. karena akeh2 e yg dibutuhkan jg programmer, database admin, network admin.. mana ada lowongan keren macam gn ‘data mining specialist’ hehe.. pdhl barusan dicrita i pak gun di kelas, kalo beliau kpn hari ngliat job offering di luar negeri, minimum requirement nya PhD, dan pengetahuan akan data mining *g usah pengalaman*.. start gajinya 50rb dollar per taun kalo g salah.. jadi 1 bln isa 4000 an la.. *di luar negeri.. kalo di sini, data miner sama dengan tukang nyari data di database.. haha.. *

kalo pemikiran ku sih ya, hampir semua hal itu pasti berawal dari science sih.. *dalam hal ini comp science*.. jadi untuk membuat hal2 baru, yaa ak membutuhkan science itu.. hehe.. hal baru itu mksd e seperti ketika Larry Page dan Sergey Brin menemukan metode PageRank (yaa dua orang itu mahasiswa post graduate e comp science di Stanford lho.. dan saya adalah idola nya mereka berdua :p), ato ketika protocol TCP/IP ditemukan, ato ketika Tim-Berners Lee pertama kali mengembangkan HTML (yang dulu mgkn dia g kepikiran efek luar biasanya sampe jadi kayak skrg ini).. dan menurutku, kok rasanya sedikit mustahil yah menjadi pioneer kalo tidak memiliki pengetahuan mendalam dari science sebagai dasar nya..yah mmg org2 dari major laen jg banyak yg sukses sih.. conto e, Jeff Bezos, pendiri e Amazon itu.. pdhl dia sendiri jg lulusan comp science sih.. haha.. dan lagi kok kyak e di indo ini e-commerce masuk ke pelajaran IT yah.. pdhl, di luar negeri, yg dimaksud e-commerce itu bkn cuma teknologi web, tp jg dari sisi bisnis dan perdagangan elektronik (dan jadi 1 jurusan kuliah sendiri). kalo menurut ku di STTS ini lebih tepat web development/web technology mgkn ya..  trus ada Larry Ellison, pendiri Oracle (yah sudah jelas kalo ini bagian dari major IS, information system.. tp menurutku Ellison sendiri pun pasti orang science sampe isa mbikin2 sistem database.. )..

mmg sih ya, hasil dari CS itu sangat sulit dibuktikan langsung dengan aplikasi .. dan tidak jarang, pembuatan aplikasi nya justru menuntut kita untuk menguasai sendiri programming language yang ingin digunakan.. mksd nya, dosennya g terlalu ngurus kemampuan programming karena dianggap sudah bisa ^^.. tp CS pun tidak cuma melulu algoritma saja donkkk.. mmg sih kuliahnya full of algorithm.. tp menurut ku, orang yang hebat adalah orang yang bisa memakai algoritma itu dalam aplikasi yang berguna.. bkn org yang isa ngapali algoritma segitu banyak e :p.. hehe.. jadi, org2 CS pun harus disertai dengan kreativitas spy bisa membuat software/produk berbasis CS yang bisa digunakan oleh orang awam..

yaaa ak ya cukup prihatin ae kalo sampe CS di skul ku sampe punah pada akhirnya nanti.. karena mmg major ini yang paling menarik menurut ku.. ‘menarik’ itu dari sisi teknologinya sih. hehe.. bukan dari mbwat aplikasi2 gt.. yah entahlah apa jadinya.. tp pribadi sih, ak suka CS.. dan ak pengen berkarir di bidang yg memanfaatkan CS ku itu.. haha.. ingat lho, memanfaatkan.. entah platformnya apa.. apakah IS, apakah web.. semua hal itu pasti isa disusupi oleh CS, karena mmg comp science adalah scope yg paling luas to (sekali lagi, dalam context di luar negeri haha)..

hanya keluh kesah dari siswa yang majornya terancam punah [ dan g isa tidur, tp abis gn mau nyoba tdur ^^] .. hehe..