yahhh.. ws suwe soro g nulis blog ya.. kena virus malas nulis.. hehe.. dan jg g baca blog e orang sih ws an ..

hmm yahh dari tanggal 22 Agustus sampe skrg, ada apa aja ya ? hehe..

** PSI 2009 (26-28 Agustus 2009) **

ak jadi panitia salah satu acara kampus, PSI.. PSI itu pengenalan Studi Informatika.. jadi, di acara ini, kita berusaha ngenalin pesertanya (mahasiswa baru yg ngambil jurusan S1/D3 Informatika) ttg dunia informatika dan perkuliahan jurusan ini di STTS.. kurang lebihnya gt deh.. yah menurut ku yaahh sudah hampir sama mbe taun2 lalu ne, cuma ada yg aneh kali ini, yaitu penyebaran virus ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas, dari hidung-tenggorokan gt deh).. jadi di hari ke 3 itu, ntah kenapa, buanyak banget peserta yg minta izin karena sakit.. dan g cuma pesertanya aja.. panitianya (termasuk saya) pun kena juga nih.. sial banget.. yah sudah mau diapain.. terpaksa makan obat 5 hari, dan menghindari makanan favorit, yaitu yg pedes2.. hehe..

** Part Time Programmer **

oh ya, skrg ak jadi programmer part time loh.. di Zetron.. yah bukan software house gede jg sih.. tp yah lumayan lah rasa ne bwat nambah pengalaman aja.. seperti kata ne Robert Kiyosaki, bekerjalah untuk belajar.. hehe.. jadi kalo bole jujur, ak kerja ini bukan cuma untuk nyari duit aja sih.. tp juga pengalaman berharga.. dan menurutku sampe skrg pun ws lumayan lah.. di tempat kerja itu pake Delphi 2009, dan pake component uakeehh.. yg ak ae sampe g isa ngapali.. tapi, ternyta komponen2 itu enak dipake.. dan selama ini g tau kalo ada component gt.. mgkn tau kalo ada banyak component Delphi ya, tapi kan g tau persis yang mana yang tepat bwat apa gitu.. toh kerjanya sampe skrg belum terlalu abot.. 2 hari kerja, ak + Irawan (yang tak ajak ikut kerja juga ^^) ws mari bikin form2 Master.. mmg form2 e itu ws ada template e lah.. cuma drag n drop component + setting2 database dikit.. salah satu bos e, ko Ivan, sampe bikin component dewe di Delphi.. byoh2.. ampun ae hahaha.. yahh semoga ak dapet lebih banyak pengalaman lagi.. skrg ini, kita lagi mbwat program untuk Ekspedisi sih.. lumayan kan bisa tau seluk beluk nya sistem ekspedisi.. hehe..

** Tugas Akhir **

yahh, ini juga topik yang hangat2 nya skrg, terutama untuk mahasiswa angk 2006 yg sedang menjalani semester 7.. TA.. haha.. nah, ttg TA ku, dulu kan ak pengen Data Mining, trus ganti lagi ke SNePS (semantic network untuk kalimat), tapi akhirnya beralih ke konstruksi WordNet Indonesia.. WordNet itu semacam database leksikal yang juga membentuk jaringan semantik antar kata di dalamnya.. Ak sendiri kesulitan menjelaskan kepada orang awam (non IT, dan juga orang IT yang ngga ngikuti WordNet ini) TA ku itu bener e ngapain sih.. nah, jadi anggap aja gini, WordNet (selanjut e tak singkat WN) adalah software, yg isine database kata2 dalam suatu bahasa, tp g cuma itu aja.. lengkap dengan synsetnya (yaitu sekumpulan kata yang memiliki kemiripan arti/sinonim ), dan juga relasi lainnya (seperti antonimnya, hipernim, hiponim, meronim, dll).. penggagasnya adalah Princeton University (lihat di sini, wordnet.princeton.edu).. itu softwarenya free kok.. dan ada versi web nya juga..

Nah, Pak Gun (dosen pembimbing ku) sudah dari dulu (di kuliah jg smpat bilang) bercita-cita pengen membuat WordNet Indonesia.. dan UI (Universitas Indonesia) sudah (dan sedang) membangun hal serupa.. sejak tahun 2007. hanya saja, kok kabarnya kurang jelas yaahh.. makanya, skrg Pak Gun ingin membuat WN Indonesia.. task2 dalam konstruksi WN itu buanyak loh.. ndak maen2.. bahkan orang2 pintar di Princeton aja pasti kerjanya tim kan.. g mgkn individual gt rasa e.. begitu juga kali ini.. untuk pembuatan WN Indonesia ini (selanjut e tak singkat WNI hehehe), yang kebagian menyusun synset e itu aku, sedangkan yng menyusun hierarki antar kata dan synset itu Erick.. yah masing2 dijadikan judul TA gitu..

Jadi, kurang lebih, TA ku adalah penyusunan synset untuk WNI.. yah ketok e simpel sih yah, mencari kata2 yg mirip artine.. nah, disinilah letak kesulitan e.. ak g masukin data (kata2 ne) secara manual.. dan juga g nyusun synset e secara manual (gila ae.. 90rb kata bahasa Indonesia * menurut KBBI tahun 2008).. jadi, kita mengenal automatic synset construction, yang menggunakan WordNet bahasa lain (dalam hal ini adalah versi aslinya dari Princeton yang berbahasa Inggris).. dengan bantuan KBBI dan kamus bilingual Indonesia-Inggris dan Inggris atau Indonesia, ak mencoba nyusun synset e full otomatis.. gitu..* kalo punya e Erick, dia berusaha menyusun hubungan antar kata.. misalkan, kata ‘Panjang’ dan ‘Pendek’ memiliki hubungan Antonim.. dan seterusnya.. juga secara otomatis..

kesulitan2 yang bakal bikin geleng2 kepala : ngga ada kamus Bahasa Indonesia dalam bentuk file yang siap pakai.. jadi, sampe saat ini, rencana e adalah nyecan KBBI (sekitar 1500 halaman) dan ngambil kata2 ne (dengan software OCR tentunya).. mantap punya.. jadi bener e yang sangat2 kurang di sini adalah resourcenya.. untuk metodenya sih, udah ada beberapa paper dari peneliti luar negeri (yang juga memanfaatkan ini untuk membangun berbagai WordNet bahasa lain, di antaranya adalah Thai, Korean, Basque, Spanish, Slovene, Romanian dll), dan tugas ku adalh mempelajari metode2 ini sebelum Libur Idul Fitri T_T.. karena Oktober awal, proposal TA ku harus udah selesai T_T..

yah doakan aja lah lancar2..

** Soal Praktikum **

ini juga hal yang memberatkan aku.. soalnya skrg, soal2 praktikum harus udah di tangan Pak Edwin (kajur S1 Informatika) sblm praktikum dimulai.. dan karena praktikum dimulai minggu pertama setelah libur Idul Fitri, kata lainnya adalh soal2 harus udah beres sblm lbur Idul Fitri.. waktu kerja nya kurang lebih 1 bulan lah (sejak dibritau. skitar pertghan Agustus).. gawat bener.. biasa ne lo, untuk 1 mgg praktikum, kita butuh 1 mgg an untuk bwat soal juga kan.. tp skrg 4 minggu untuk 8 soal *7 prak + 1 tes akhir, + tes awalnya*..

yahhh semoga ak juga bisa nglewati ini dengan baik lahhh.. harus bisaaaa!!!..

** SEP, Software Engineering Project **

SEP adalah salah satu mata kuliah di kampus ku.. sistemnya bukan murni kuliah, tapi bwat program/software gitu sih.. jadi kuliahnya hanya 2 minggu sekali.. tapi kita juga harus bikin dokumentasinya lagi.. dokumentasi dari pengerjaan software itu.. yah seperti di kuliah e Software Engineering gt lah.. nah, yg bikin agak repot adalah, mulai semester ini, ada kesepakatan antara STTS dengan Elex, salah satu penerbit buku.. sepakatnya gini, yg ngambil SEP ini nti juga harus mbikin buku panduan pembuatan project yg mereka buat gitu.. jadi mbikin buku tutorial gt lah.. nti yang bagus akan diterbitin sama Elex.. waduh2.. runyam2.. ws2.. yah mboh lah akhir e jadi gmn ini. jalani dulu aja..

yahh jadi mengapa ak bilang september kelabu, karena yah gitu, banyak banget hal yg mengantri di deadzone ku (karena deadlines saja sudah tidak cukup untuk menggambarkan).. ibarat e, sebelum liburan idul fitri, buanyak banget hal yang menanti untuk diselesaikan.. contohnya : Proposal TA (ato minimal draft konsepnya lah).. soal2 Praktikum ( 3 paket soal Aplin, 1 paket soal PKA).. trus juga masih ada kuliah2 lagi.. yahhh.. semoga saja bener2 memiliki tekad yg keras untuk menyelesaikan semua ini deh.. hehe..

kalo g males lagi, pasti ngupdate blog lagi deh ^^..