yaa.. hari senin.. tgl 21 September 2009.. jam 5.30 udah pesen taksi.. pigi ke airport.. jalanan waktu itu cukup sepi ya.. kan juga pas idul fitri tuh.. jadi yaaa pagi yang sejuk deh hehehe..

ini pertama kali nya masuk ke terminal internasional di Bandara Juanda.. terakhir kali berangkat ke Singapore taun 2006, masih di Juanda lama tuh.. hohoho. yaa terminal internasional nya oke la.. dah bagus kok.. walaupun kenyataan nya nanti beda bumi dan langit dengan bandara Hongkong (yang jadi bandara terbaik di dunia 7 tahun berturut2, dari tahun 2001-2008, sblm diambil Seoul taun ini).. sempat berfoto dengan calon pesawat yang ditumpangi nih..

@ Juanda Airport, pose with CX780

mmg sih udah pernah naek pesawat segede itu, waktu kapan hari ke malaysia, sempat naek malaysia airlines, dari Tawau ke Kinabalu.. dah lama banget tuh. tahun 2005 kayaknya.. tp kalo selama 4 jam di pesawat, baru kali ini neh.. hahaha..

di boarding room, yang kira2 menampung 300 orang la ya.. itu semua e ternyata penumpang e CX780 semua lo.. kaget beneran aku.. semua orang ngantri untuk pesawat yg sama.. ndak heran penumpang diharap siap stgh jam sblm flight di boarding room, karena mmg proses boarding nya suwe pol.. aku aja antri 20 menitan lebih tuh.. eww..

di pesawat bosen sak bosen2 e wes.. untung masi ada tivi nya (baru pertama kali naek pesawat ber-tivi).. di atas sono nonton review nya musim 2008-2009 Premier League.. ada gol2 terbaik dan pertandingan2 gitu.. yaaa lumayan la.. bosen dan pegel tapi e.. rasa e pengen ndang keluar ae.. hehehe.. maknan nya kalo g salah chicken curry.. tp g pateko enak.. haha.. yaa lumayan la.. lagi2, sblm e g pernah makan nasi di pesawat.. kalo penerbangan lokal sih, sukur2 dikasi kue2, lemper dll.. hahaha..

setelah menempuh 4 jam lebih (di pesawat yang dilengkapi sejenis GPS dan info2 lain e, seperti sisa waktu perjalanan, lokasi pesawat saat ini, suhu udara, kecepatan terbang dll).. akhire  sampe jg di HK.. pertama kali turun di bandara HK ya.. perasaan ku bergairah gitu.. kenapa ? karena airport e bener2 guedeeee (lapangan e tok lo ini ya), pesawat2 berjubel2 gt antri.. dari seluruh dunia.. ada pesawat Singapore Airlines, Qantas, Filipina, bahkan Afrika Selatan.. dan semua pesawat itu rata2 ukuran e gede2, 737-800 la.. sejenis ma pesawat ku.. yg 747 double cabin juga akeh tuh.. wew.. menakjubkan.. dari airport aja indo sudah ketinggalan jauh neh pikir ku.. ckkckc. dan aku bener2 liat ya, pesawat yang berangkat itu buanyak banget.. *di hari terakhir pas mau berangkat, aku baru tau, bahkan take off itu pun pake ngantri.. di belakang pesawat ku yaa, ada 3 pesawat ngantri take off, smntara pesawat ku dewe nunggu 2 pesawat lain e*..

mari turun di bandara, tidak lupa foto sebentar.. dengan pesawat jumbo.. baru kali ini liat langsung gt haha..

@ HK Airport.. with 747 Plane

Mari gitu, nih ada beberapa foto di airport e sana, di ruang tunggu + ambil bagasi nya neh..

IMG_0624

ruang tunggu + ambil bagasi yang jauh lebih besar daripada juanda

Ambil Bagasi..

sistem bagasi yang menurut ku sangat profesional dan teratur.. g sampe berdesel2an kayak di Juanda..

Nahhh.. ternyata airportnya Hongkong itu lebih menakjubkan daripada perkiraan ku.. karena airport itu terdiri dari 7 lantai ternyata.. setelah kita check out.. jadi setelah melewati proses imigrasi dll (yang agak berbelit juga.. trus jg harus ngisi pengecekan flu babi segala gitu).. kita sampe ke bagian utama airport e.. kerennnnnnnn.. top class wes.. bener2 luas, tinggi.. wew.. TP aja kalah bagus deh..

nah, di HK hari pertama ini sebenernya cuma transit aja sih.. jadi dari HK, langsung ke Shen Zhen.. naek bus.. hehehe.. jadi ke stasiun bis gitu, urus imigrasi.. nah, grup tour kita pake yg namanya visa grup.. jadi visa ini diberikan langsung kepada 1 grup *maks 10 orang*, jadi visanya kolektif.. dan gratis.. cuma expired nya seminggu ato 10 hari lupa aku.. hehe.. jadi grup kita yg 32 orang terbagi jadi 3 grup untuk ngurus visa ini..

trus di Shen Zhen, kita langsung ke taman gitu ya.. ngliat pertunjukan suku2 minoritas di Chinese gitu.. dan selama perjalanan ya.. aku bener2 terkagum2 sama kondisi di sana.. Shen Zhen bukanlah kota terbesar di China, mungkin urutan ke 10 kali ya, ato lebih.. yg pasti belum sampai ke taraf Beijing ato Shanghai gitu.. tapi, isi ne itu bener2 gedung pencakar langit tok (dan selanjutnya aku baru tau kalo semua kota yg tak kunjungi ya gini kondisinya hehehe).. pdhl Shen Zhen itu merupakan kota industri looo.. kota industri aja sedemikian bagusnya.. trus juga ya, asal tau aja nih, di China sama sekali ndak ada yg namanya rumah pribadi di atas tanah pribadi gitu.. orang paling kaya pun tinggalnya di apartemen loh.. ckckck.. definitely i don’t like this fact. ahha.. i still love lay on the ground house.. hehehe..Info tambahan ya berdasarkan info dari Mr A Xin, tour guide local yg bisa bahasa indonesia, 90% tourist di Shen Zhen pada waktu itu berasal dari Indonesia.. o mi god.. hahaha..

nih fotonya di depan taman itu.. aku lupa namanya taman itu apa yaa.. hahaha. yg pasti sesuatu yang berhubungan dengan ‘yuan’.. kalo dari foto di bawah sih, kurang lebih baca e zhong guo min … wen hua.. kurang lebih artine yah budaya rakyat Zhong Guo gitu..

Entrance

Contoh landscape di Shen Zhen..

landscape

Foto2 lampion di dalam taman..

IMG_0633

hmm setelah jalan2 keliling dan foto2 di taman ini, malemnya kita makan malem bentar.. tp ruame banget nih tempat.. dan mmg bener 90% adalah orang indo.. wogh parah wes.. saking rame ne, kualitas makanan e bener2 apa adane lek menurut ku.. parah e lagi, itu merupakan satu2 e resto di dalem taman itu, dan mmg khusus untuk tour group2 gitu.. jadi seolah makanan e dah ada paket2 e tinggal pilih gitu.. hoho..

trus malemnya, kita ntn show utama.. yaitu tari2an dari suku minoritas zhong guo yang mencapai 50 suku sih.. tp zhong guo tu mayoritas masih suku Han, 90% lah.. gambar di bawah ini, panggung awalnya tempat shownya..

IMG_0640

trus tak sertain juga beberapa foto tari2an.. yaaa memang seh pakaian e rodok minim ya.. tp jok berpikir ngeres looo.. nama e juga budaya.. kurang lebih ya, tari2an ini menceritakan kisah2 legenda zhong guo, seperti suku masa lampau gimana, dewa2 gitu, ada yg crita e xuan nu (dewi) zhang e itu.. yg dikirim ke bulan.. gitu2 deh.. overall show nya bagus banget deh.. two, even 4 thumbs up.. hahaha

IMG_0649

foto suku sangat2 primitif neh.. ada yg break dance juga yaa.. hahaha..

IMG_0645

tari2an neh..

IMG_0666

nih mungkin sun go kong kali ya..

IMG_0668

hmm kalo yang ini mungkin crita e di khayangan kali..

IMG_0669

kalo nih, lek g slah ya yang takbilang crita e zhang e xuan nu.. mboh maneh kalo salah ya.. hahaha.. critanya dia dibuang ke bulan..

IMG_0679

pertunjukan barongsai yang meriah.. warna nya keemas2an gini juga.. cool..

IMG_0685

ada orang2an yang guede, + kereta naga yang isa nyembur api tuh..

IMG_0691

trus the final dance.. ndak tau tarian apa ya ini.. hehee..

ada juga permainan air mancurnya tuh.. hehehe..

yahhh demikian lah tari2an dengan durasi 2 jam itu, yg dimainkan oleh hampir 500 orang penari looo.. dan semuanya merupakan murid akademi kesenian Shen Zhen sana.. keren yaaa….

habis gitu, kita menuju ke hotel.. cuapek banget.. langsung tidur. hehehe..

saksikan hari berikut nya (kayak opo ae) hahahaha.. hari berikutnya lebih banyak tempatnya mesti nya hohoho.. kalo setengah hari aja makan waktu hampir 1 jam lebih , gimana dengan 6 hari berikutnya yaaa.. hehehe.. tp pasti diupload di sini kok..

hehehe.. bye2 all.. lanjut lagi besok🙂