waahh.. karena beberapa kekhilafan, g ngupdate blog selama 3 hari hehehe.. yaah lanjoott.. masuk hari ketiga, posisi sementara ada di Guang Zhou nih.. agenda hari ini, liat beberapa monumen di Guang Zhou, terus ntar jalan ke Zhu Hai..

hmm, pagi2, objek pertama yg diliat tuh monumen memorial Sun Yat Sen.. (setelah ngliat koleksi foto e, kok foto ku dikit banget yaa di sini hehehe)

IMG_0824

salah satu gedung monumen

IMG_0828

tamannya uapik tenan euy.. itu baru nama e taman tuh.. karena saya ndak ada foto dengan background gt, terpaksa ‘minjam foto’ dah..

IMG_0830

di belakang, ada patung Mr Sun Yat Sen tuh.. salah satu pahlawan kemerdekaan Zhong Guo..

IMG_0836

di gedung monumental belakang itu, ada sejarahnya kemerdekaan China, sejak dipimpin Sun Yat Sen..

IMG_0837

Salah satu patung di dalamnya nih..

Trus, dari Monumen Sun Yat Sen, kita menuju ke suatu monumen yang merupakan simbol dari kota Guang Zhou, yaitu patung 5 kambing..

IMG_0840

patung 5 kambing..

Nahhh.. menurut schedule sih, hari ini dari Guang Zhou kita berpindah ke Zhu Hai.. Jarak antar 2 kota ini cukup jauh sih ya.. mungkin totalnya bisa menempuh 4 jam an.. tapi sbelum ke Zhu Hai, kita pergi ke Ban Yu dulu.. sekitar 2 jam dari Guang Zhou gitu.. ada 2 objek yang mau diliat, 1 tuh kuil Dewi Guan Yin yang guedeeee dan patungnya terbuat dari emas.. trus satu nya Bao Mao Garden (tapi akhirnya ndak jadi ke sini karena waktunya ndak cukup nih)..

IMG_0849

Patung Dewi Guan Yin yang menghadap laut selatan..

IMG_0855

kita sekeluarga juga sempat sembahyang di sana sih.. kurang lebih kalo diliat ya tempat e kayak gambar di atas tuh.. yang ada kayak 3 batu itu, bwat naruh persembahan sembahyangan gitu.. dan juga ada 7 bantal bwat berlutut gt..

IMG_0851

kalo mau liat lebih jelas tempat naruh dupa, ya yang difoto di belakang e adik ku yang sepanjang itu.. isinya dupa semua hehehe..

IMG_0853

nah, gambar di atas tuh bener e seberang e patung Dewi Guan Yin td, yg menghadap ke laut, ya laut selatan itu lo.. tp kayaknya di pinggir laut itu lagi dikeruk..mau dibikin apa juga g tau..

di Kuil ini, ada satu pohon yang cukup seru nih.. bentuknya seperti foto di bawah ini..

IMG_0859

nahhh.. pohon itu bener e bukan daun nya yg warna e merah ya.. tp merah2 itu sebenarnya pita yang diikat mbe pemberat.. hehehe.. nah, di pita itu bisa ditulisi semua keinginan kita.. ya ndak isa semua sih.. jangan serakah.. hahaha.. nahhh trus pitanya itu kita lemparin ke pohon itu.. maksimal 3 x.. kalo bisa kesangkut di pohon itu, dipercaya permintaan yang ditulis itu akan terkabul gt deh.. kalo sampe 3 x belum nyantol juga, yaaaa apa bole buat hahaha.. kalo masi belum puas, ya beli pita baru lagi deh.. ndak mahal sih.. cuma 5 yuan, kurang lebih 7500 la di sini.. ak sendiri g mau beli sih, tapi adik ku beli dan g nyantol2 hehehe..

btw ya, aku juga kaget sih ya, Ban Yu ini tergolong kota g gede2 amat ya, bahkan dikatakan sama Mr A Xin terhitung sebagai kampung lo.. tp gn2 aja dah banyak apartemen berlantai lebih dari 20.. hahaha.. Kampung di China sedikit berbeda sama di Indo mgkn ya haahha.. tp mmg masi ada sih desa2 yang bener2 tradisional gt ya.. cuma nya kapan hari belum ngliat hehehe..

dari Ban Yu, kita menuju ke Zhu Hai, salah satu kota pantai di China yang bertetangga dengan Macau neh.. dalam perjalanan melewati jalan tol (yg mulus dan puanjang), ngliat sawah yang luassssssssss.. dan agak lucu juga ya dengan pemandangan di jalan. Jadi, ruas jalan kan pasti terbagi jadi dua, 1 ne dari arah menuju Zhu Hai, dan satunya tentu dari Zhu hai nya.. anggap aja jalan menuju ke Zhu Hai (jalur yang ditempuh bus grup kita) di sisi kanan ya.. naahhh di sisi kanan itu ngliat e sawah kabeh wes.. sawah yang luas, tambak juga ada, tp cukup modern dengan adanya peralatan2 pendukung yang terlihat.. cuma di sisi kiri jalan itu, yg diliat tuh hamparan apartemen.. hahahaha.. jadi bertanya2 nih.. apa petani2 itu mari bertani, trus masuk ke apartemen itu ya.. hehehehe..

sampe ke Zhu Hai, kita makan di salah satu international seafood restaurant di sana. bagus si tempat e.. tp ndak foto2 hehehe.. trus kita ke hotel..

Di bawah ini beberapa foto di hotel tempat kita nginep di Zhu Hai.. waktu itu kalo g salah juga ada acara International Conference of Coal Summit.. batu bara gt.. jadi akeh bule juga..

IMG_0864

bagian tengah dari lantai 1 hotelnya, belakangnya lobi.. cukup berkesan sih hehehe..

IMG_0866

hotel De Han diliat dari depan, waktu malem2..

oh ya, info tambahan, mgkn karena di pinggir pantai ya, angin nya di jalan2 Zhu Hai waktu malem ini bener2 kuenceng.. hehehe..