yeahhh.. setelah lama banget g nulis.. bahkan crita liburan ku aja masih blum mari tuh.. yahhh.. karena dari dulu pengen nulis book review (dan jarang kesampean.. biasanya mari baca, langsung baca buku lainnya).. jadi, mumpung masih anget di kepala nih critanya, yaaa nulis book review dulu dahπŸ™‚..

Negeri Van Oranje

Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana

465 halaman

Rp 49.000 (di Gramedia)

novel Negeri Van Oranje ini bisa disebut sebagai 1/2 novel fiksi dan 1/2 novel non fiksi.. kenapa begitu ? karena yaaa mmg banyak banget informasi-informasi yang ndak fiktif, kebanyakan berupa tips-tips mengenai kehidupan di Belanda yang diberikan di dalam novel ini dan juga setting (tempat, situasi, dll) dan juga berbagai macam event yang menjadi bagian dari cerita.. bagian fiksinya, tentu saja adalah cerita di dalam novel ini.

novel ini ditulis dengan setting Belanda yang sangaaattt detailll.. dan hal ini membuat pembaca nya bisa tahu kurang lebih hidup di Belanda itu kayak gimana.. ini cukup masuk akal, mengingat ke-4 penulis novel ini semuanya adalah ‘alumni’ sekolah Belanda semua, dan hampir semua dari beasiswa (sangat-sangat mirip dengan kehidupan tokoh2 di dalam novel)..

Cerita dari novel ini dimulai dari pertemuan 5 orang Indonesia yang sedang sekolah post-graduate di Belanda, yaitu Lintang (cewe loh ini), Geri, Wicak, Daus, dan Banjar.. mereka semua dipertemukan oleh badai (dan rokok).. yaahh cukup aneh juga pertemuan pertama mereka.. namun sejak itu, mereka membentuk kelompok Aagaban dan mulai menjalin hubungan yang akrab.. media komunikasi yang digunakan adalah milis dan ym (conference juga).. sejak itu, mereka sering sekali berpergian bersama, menghabiskan acara bersama, dan kegiatan lainnya..

namun, semakin lama, tanpa disadari, ke 3 orang dari kelompok aagaban mulai jatuh hati pada Lintang.. apalagi ketika mereka tahu Lintang baru saja putus dari pacar bulenya.. mereka pun berlomba-lomba mencari perhatian Lintang.. yang tentu saja akibatnya persahabatan mereka pun menjadi renggang dan dingin.. sementara Lintang yang diperebutkan justru tidak merasa dan jatuh cinta pada anggota aagaban lainnya.. bagaimana kelanjutan persahabatan aagaban ini ?? baca sendiri dehπŸ™‚ hehehe..

menurut aku pribadi, buku ini sangat asyik dibaca, terutama dari sisi setting dan berbagai macam informasi yang sangat detail itu.. (aku lebih suka baca informasi2 ginian sih, drpd kisah asmaranya sendiri).. beberapa informasi tersebut di antaranya: cara nyari tempat tinggal di belanda, berbagai macam objek wisata gratis di sana, tips2 bertahan hidup buat mahasiswa, tips ndapetin tambahan uang (Euro) , dll.. aku jadi sedikit tau deh, kehidupan mahasiswa Indonesia di Belanda gt gmn.. walaupun ndak ngliat sendiri.. mungkin kalo ada filmnya, pasti lebih asyik nihπŸ™‚..

ceritanya g terlalu berat kok.. dari sisi romance, yaaa romancenya anak muda gt lah.. lebih banyak jalan2 dan keliling2 nya tuh menurut ku hehehehe.. mungkin kalo full time mbacanya, 2 hari aja udah selesai deh ni buku :p

worth banget untuk ngisi liburan deh.. nilai 7.5 dari 10 ..