yaaaaaa.. sampai juga di akhir taun nih.. hoho.. setelah 364 hari mengalami hari dengan extension tahun 2009, skrg akan pindah ke tahun 2010.. ganti kalender, ganti agenda (notes).. ganti macem2 juga.. haha.. sebenernya yaaa biasa aja ya ganti tahun. mengingat ini adalah acara ganti tahun ku yang udah ke 21 x nya hahaha.. tapi tidak ada salahnya melihat sejenak ke belakang, tahun 2009.. apa aja yg udah terjadi, apa yang bisa diperbaiki.. dan tentunya melihat 2010 sebagai suatu harapan, yang walaupun tanpa garansi harapan itu akan terkabul, tetap layak disambut dengan optimisme yang realistis lah.. berharap aku bisa bangun kastil di tahun mendatang, aku rasa bukan harapan yg tepat🙂..

tahun 2009.. yaaa cukup fun.. banyak pengalaman baru sih yang kudapat, di antaranya:

  • kerja jadi part time programmer.. yaaa aku merasa cukup banyak mendapatkan manfaat dari sini.. pengalaman coding nya memang ndak terlalu expert dan banyak, tapi aku cukup banyak mendapatkan pengalaman menggunakan component2 yang menurut ku luar biasa (dan sayangnya baru tahu sekarang) walaupun itu cuma untuk Delphi saja (skrg udah pakai Delphi 2010 sih).. selain pengetahuan teknis, aku jg bisa belajar banyak dari sistem yang dikerjain, smntara sih baru pelabuhan, payroll, dan POS (Point of Sales).. yaaa untuk siap ke dunia kerja, mgkn magang gini memiliki nilai lebih lah.. kita isa tau kebutuhan pasar itu kayak gmn.. karena ternyata tidak banyak yg didapat dari bangku kuliah yg bisa terpakai di dunia kerja.. apalagi ilmu gaib2 computer science.. ya mgkn suatu saat akan terpakai.. tapi untuk step 1 di dunia IT alias jadi programmer, yaaa jls pengetahuan teknis dan sistem lebih cocok ketimbang algoritma yang berjibun🙂..
  • jadi asisten BIT (Java Programming Lab).. hmm kesan setelah ngajar anak2 BIT hampir 1 semester, menjadi dosen itu ternyata susah yaaaa.. hahaha.. murid selalu merasa bosan kalo ndengerin dosen nya, apalagi yg sks nya banyak.. tp percaya atau tidak, setelah aku jadi asisten dan sistem ngajarnya seperti dosen (bukan seperti di praktikum, yg di mana banyak anak buah/ashor dan njelasin paling cuma 30-45 menit), aku merasa kesulitan dalam mengajar.. yaaa maklum juga lah.. pengalaman pertama ya kan.. aku merasa kesulitan dari sisi mau ngomong apa aja gt.. mgkn persiapan ku yg kurang sih ya.. tp dasarnya aku ini g suka ngomong juga, terutama sama orang yg ndak dikenal + di depan umum.. hehehehe.. 2 SKS ~ 100 menit ngajar itu menurut ku agak menyiksa juga.. hehe..
  • pentas musik di Malang.. kalo biasa nya aku cuma pentas musik di Surabaya aja (karena yg ke Bali taun lalu ndak ikut T_T), maka pentas di Malang (2x dalam taun ini) menjadi hal yg cukup asik.. haha.. kita dijemput naik bis, lalu check sound di sana, trus pentas, dan diajak makan.. haha.. gitu aja sih ritualnya.. tp yg jelas asik juga isa jalan2 ke kota lain rame2 gitu.. hehe.. yang pentas terakhir di Unibraw, kita ngisi acara untuk International Culture Conference gitu.. yg nonton bule2 juga.. hehe.. di pentas Unibraw yang guede itu, kita diantar dari guest house ke tempat pentas naek dokar.. lumayan asik jg kan🙂 hehehe..
  • pertama kalinya menginjakkan kaki ke China daratan.. hahaaha.. entah napa aku seneng banget ke China (kalo mau lengkapnya, ikuti post di blog ku ini aja.. udah lengkap kok critanya🙂..) trus juga ke Disneyland Hongkong, Macau,dll.. dari hasil liburan itu juga, aku jadi isa liat, kalo China itu sedang giat2nya membangun.. seolah2 yg mereka lakukan saat ini belumlah cukup untuk menguasai dunia.. mereka semakin maju dan maju.. benar2 keren..

rasanya itu aja sih yang asik dari taun ini.. selebihnya, isinya penuh dengan kejenuhan kuliah dan aktivitas hidup yg monoton.. haha..

untuk taun depan sih, mgkn ada beberapa target yg pengen e tak capai gitu sih.. hehe.. trus juga mau meng-set beberapa habit/kebiasaan ataupun mengganti kebiasaan lama yg kurang baik.. hoho.. menurut situs 6changes.com, untuk taun depan, cukup mencoba mengganti 6 kebiasaan aja.. dengan asumsi 1 habit dikasih waktu 2 bulan (walaupun tidak harus gitu).. hehe.. tp idealnya, kalo jumlah yg kita ingin rubah tidak terlalu banyak, kemungkinan berhasilnya akan lebih tinggi karena fokusnya juga lebih besar..  jadi, kira2 apa aja ya kebiasaan yg pengen tak ubah itu : cuma boleh 6 aja maksimal .. haha.

  • istirahat dalam jumlah yg cukup dan benar (rata2 antara jam 10/11 – 5/6).. hmm rasanya kalo sem depan ndak ada kuliah, mestinya jadwal ini isa diikuti😛..
  • mengurangi jatah internet yg kurang berguna.. ini juga perlu nih.. kalo mmg butuh nyari tugas gt, mmg apa boleh bwat ya.. tp aku rasa, aku wes hampir kecanduan internet nih.. mmg ya, facebook, chat gt jg termasuk hal yg berguna dalam hal pergaulan.. tp kalo sampe mengganggu waktu yg laen, menurut ku jg ndak terlalu baik.. haha.. ada baiknya kalo weekend aja internetnya bisa agak longgar, selain itu, paling ya cukup 1 jam tiap hari aja..
  • olahraga minimal 3-4x seminggu.. ini juga cukup berat jg benernya ya.. tp bener2 tergantung sama jadwal semester depan juga.. alasannya bukan yg aneh2  seperti mbentuk badan atau mau jadi atlet.. tp cuma untuk hidup sehat dan bugar aja.. aku ngrasa taun ini aku gampang banget capek, terserang sakit ini itu.. agak menjengkelkan.. hehehe..
  • nulis blog minimal 1x seminggu.. hmm, spy blog ini ndak jadi usang, yaaa harus rajin2 nulis jg.. walaupun isinya mgkn kurang berguna.. haha..
  • mbaca novel minimal 1 judul 1 bulan.. benernya ini rencana dari dulu juga.. dan pas awal2 kuliah, hal ini bisa ditepati.. bahkan 1 bulan bisa baca 2 novel dengan ketebalan rata2 300-400 halaman.. tp sejak keteteran dengan jadwal, nyari waktu membaca novel itu susahnya bukan main looo..
  • 1 lagi.. apa ya ???? hehehehe.. sementara belum terpikir.. haha.. bagi pembaca blog ini, ada ide yang menarik dan masuk akal ??? hahaha..

hmm, itu rangkaian habit2 yg pengen tak jalankan di tahun baru sih.. keliatannya mudah yaahh cuma gitu2 aja.. tp trust me, it’s not as easy as it seems.. terutama kebiasaan tidur malem dan internetan itu.. haha..

selain di atas, tentu ada beberapa target/plan yang pengen taklakukan juga taun ini

  • selesai kerja TA.. maksimal Juni.. biar cepet lulusssssssssss.. hahahaha..
  • mau belajar bahasa (sebener e pengen e jalan2 sih) ke China.. minim 1 bulan dah.. biar bisa jalan2 ke banyak tempat :p

sementara baru 2 target itu aja yg mengisi kepala ku dengan konsisten.. lain e, cuma bersliweran ndak jelas.. entah itu angan2 yg impulsif, kadang ada kadang ndak, atau hanya pengen semata tanpa dasar yg kuat.. hahaha.. tapi jelas aku ndak nulis semua target yg pengen tak capai secara blak2an la.. tetep ada secret private target donk.. hehehehe..

Least but no Last.. HAPPY NEW YEAR 2010.. *bagi yg belum baca post Disney, baca donk!!!!.. asik2 lo hehehe.. promosi mode on *..