Tgl 27 Oktober, sehari sebelum hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, dirayakan sebagai hari blogger nasional. Namun, khusus untuk tahun 2010 ini, kelihatannya suasana sendu dan murung lebih mendominasi, karena dalam beberapa hari terakhir ini, Indonesia mengalami beberapa bencana alam. yang paling parah, tentu adalah tsunami di Mentawai, meletusnya Gunung Merapi di Jawa Tengah, dan juga banjir di daerah Jakarta.Well, tentu saja namanya bencana alam, kerusakan yang ditimbulkan cukup dahsyat. Itulah bukti bahwa manusia pun harus tunduk kepada alam ini, tidak peduli seberapa pintar dan hebatnya manusia. Berbagai peristiwa ini hendaknya dijadikan renungan oleh kita agar kita lebih memperhatikan alam dengan lebih baik.

Menjadi Blogger

Hmm, karena hari ini adalah hari blogger, tentu tema utama dari post ini adalah tentang blogging dan blogger. Aku sendiri sudah menjadi blogger mulai dari kelas 3 SMA, walaupun berpindah-pindah lokasi blog, sblm di wordpress.com (blog ini). Aku sudah blogging di wordpress sejak tahun 2007. Dan sudah ada 400 lebih post (post ini adalah post ke 427) yang sudah aku tulis dalam berbagai kategori. baik itu adalah cerita sehari-hari, resensi buku, maupun opini-opini yang aku rasa perlu aku tuliskan di sini. Namun, belakangan ini, aku sudah mulai mengurangi post tentang daily life ku sih.. hehe..

Untuk bahasa, aku juga menggunakan bilingual dalam blog ini. Kadang, aku nulis dalam bahasa Inggris, kadang juga aku nulis dalam bahasa Indonesia. Yah, tidak ada ketentuan khusus kapan aku nulis bahasa Inggris, kapan bahasa Indonesia. Cuma, untuk keperluan khusus (misalkan post ttg 30 DLBL), aku memang nulis dlm bahasa Inggris karena post tersebut ditujukan untuk orang-orang luar negeri yang tentu saja tidak mengerti bahasa Indonesia. Namun, ada juga post yang sengaja saya tulis dalam Bahasa Indonesia karena saya ingin membagi ilmu saya untuk masyarakat Indonesia (yang tentu lebih senang membaca dalam bhs Indo, drpd bhs Inggris, setidaknya menurut teman-teman saya yang juga membaca blog ini)..

Dunia blogging sendiri, di antara teman-temanku, pernah cukup ramai sekitar 2 taunan lalu, sblm social media seperti facebook dan twitter mulai booming. Dulu, banyak sekali blog yang dapat dijadikan tujuan blogwalking. Banyak sekali acara tukar comment. Masing-masing blog juga memiliki gaya dan isi sendiri-sendiri. Namun, keliatannya sekarang ini, pamor blog sudah tergantikan oleh social media yah ? hehe.. yaahh, itu kan memang pilihan pribadi tiap orang ya.. Aku sendiri nulis blog karena memang seneng nulis sih. bukan kejar setoran, ato cari sensasi, dll. hehe..

Lalu, apa gunanya blog walking donk ? well, sebagai penulis (dalam media apapun, entah buku atau blog), pasti kita butuh melihat karya orang lain sebagai input. Kalau nggak gitu, kita sendiri ndak mungkin berkembang lebih baik lagi. Ibarat kura-kura dalam tempurung saja. Maka, terkadang, aku suka melihat blog-blog orang lain, dan menaruhnya ke dalam blogroll ku jika mmg aku suka dengan blog itu sih.. Menurutku, melihat blog lain itu cukup menghibur, inspiring, dan membuat aku tetep pengen nulis blog.

Terus, untung nya blogging apa ya ? yaaa, sebenarnya blogging juga bisa jadi sumber penghasilan lho, bagi yang bener2 serius dan menekuninya. Sudah banyak contoh blog yang sukses memperoleh income dari online media. Tapi, aku bukan blogger yang gitu sih.. Blog ini cuma aku pake buat etalase semua pikiran dan opini ku aja (setidaknya sampe saat ini sih).. Yaaa, semoga suatu hari aku jg bisa jadi blogger yang terkenal karena isi dan content blognya memang bagus yaaa🙂 hehehe..Blog sendiri aku gunakan sebagai media menulis, karena mmg salah satu cita-citaku adalah menjadi penulis.. hehe.. daripada nulis diary yang tidak pernah dibaca orang lain, mendingan aku nulis blog aja, sekalian buat sharing gt.. hehe..

untuk tahun ini, aku mulai mencoba ikut-ikut lomba-lomba blog sih.. walaupun ga menang, paling gak, dengan ikut lomba, aku lebih terpacu untuk nulis yang lebih baik lagi. Salah satu penyelenggara lomba blog yang cukup aktif adalah pesta blogger, yang akan menghelat acara khusus Pesta Blogger 2010 di Jakarta pada hari sabtu nanti, 30 Oktober 2010.Tema Pesta Blogger 2010 taun ini adalah Merayakan Keragaman. Yaah, semoga saja, dunia blogging Indonesia dapat menyatukan berbagai keragaman yang terjadi di Indonesia.

Yaahh, demikian lah curhat dan opini singkat tentang pengalaman ku menjadi blogger. Selama hari blogger nasional buat blogger-blogger Indonesia. tetap nulis terus deh.. hehe..