Kemarin aku menghadiri event book launching di Matchboox Too nih. Agendanya sih benernya ada dua, yaitu perkenalan nulisbuku.com sebagai self-publishing publisher (liat di sini yaa kalo pengen tau) dan tentunya book launching itu sendiri. Yang launching sendiri bener e ada banyak, ndak cuma 1 aja lho.. Ada 2 kumpulan cerpen dan 4 orang yang terlibat di dalamnya, lebih tepatnya.

Dan aku baru selesai baca satu sih.. yang ber 3.1.7an (bacanya jangan ber tiga tujuh belasan yaaaa *kayak saya dulu* tapi bertiga satu tujuan gt).. Sang Kurator nya nyusul deh.. Paling lambat besok kali ya ? hehe

Nah, jadi konsep dari buku ber3.1.7an ini adalah ada 5 judul yang ‘diumpankan’ oleh Zarlita a.k.a Gadis, dan ‘digolkan’ oleh Kika dan Vika gitu.. Masing-masing nulis satu cerpen untuk satu judul. Jadi, total ada 10 cerpen dalam buku ini. Konsep yang unik yah. Rasanya baru kali ini aku liat kumpulan cerpen kayak gini, walaupun mungkin memang stok buku kumpulan cerpen ku sendiri tipis banget sih hehe.. G sampe 10 buku. Aku memang lebih seneng baca novel sih timbang cerpen :p dan memang g salah katanya mas Bagus di endorsement nya, yang bilang trio ini sih kayak trio Belanda di AC Milan dulu, Rijkaaard, Gullit, dan Van Basten. Hehe.. Mantap deh kolaborasi dan kerja samanya.

Yah karena ini buku ne tante Kika, dan aku dikasih kecupan bibir (tapi di buku ne lho yooooo :p), jadi ya tak review dulu deh, dengan bahasa non formal ala ngobrol suroboyoan gini hehehe.. Mumpung baru selesai baca nihhhh..

Cover dengan Kecupan Tante Kika

 

Judul

Kalo ngomongin judul, berarti ngarah ke mbak Gadis dong nih, yg jadi supplier judulnya.. hehe.. sebelum cerpen dimulai, ada satu halaman khusus yang isinya komen singkat dari mbak Gadis tentang judul yang dipilihnya, dan komentar singkat ttg isi cerita-cerita yang ditulis oleh kedua penulis nya, mbak Kika dan Vika.

Menurutku pribadi sih ya, judulnya ada yang nyeleneh, tapi ‘thinkk’ banget gitu.. hehe.. Coba dilihat ini judul-judulnya ya

  • Durian dan Kepiting
  • Gadis Bukan Dia
  • Bau Kaki Laki-laki
  • Nyamuk di Bulan Juli
  • Cincin Kawin

Nahhh, *mohon maap dulu ye* rasanya kok yang ‘agak bener’ jadi judul cuma yang terakhir aja dehhhh.. heheheh.. yg lainnya, mnurutku sendiri agak nyeleneh *semoga aku diampuni ngomong gini*. Tapi, kalo kita baca penjelasan Mbak Gadis, tiap judul itu punya arti dan kesan sendiri-sendiri lhooo.. Dan salut juga buat kedua penulisnya, yg imajinasinya tinggi banget menanggapi judul-judul ‘eksentrik’ gini🙂 .. Contohnya aja, di judul Gadis Bukan Dia -> Mbak Gadis ingin supaya ceritanya lebih menekankan bahwa perbedaan karakter itu wajar.. Trus, untuk Durian dan Kepiting, dua-duanya adalah makanan kesukaan Mbak Gadis. Tapi, bukan berarti yang ditulis adalah kisah durian monthong dan kepiting saos melulu lhoo.. Justru yang penting adalah metaforiknya. Gitu katanya :p

Isi Cerpen

Lah, kalo isi cerpennya sendiri sih, tentunya ngarah ke dua orang lainnya, alias Tante Kika dan Vika donkkk.. secara mereka kan yng nulis cerpennya🙂.. Hmm, kalo aku liat sih ya, ceritanya tante Kika lebih berat dikit. Hehe.. temanya juga hampir semuanya tentang cinta nih. ato paling ga yg nyerempet ttg romantisme gt deh.. hehehe.. Kalo Mbak Vika, ceritanya ada yg lucu-lucu gitu bacanya, kayak di cerita Durian dan Kepiting (eh, harus ketawa apa ndak ya baca cerita nya Mbak Vika yg pertama ini ? hehe.. soalnya lucu-lucu gt, nilai moralnya tinggi juga lho.. baca aja deh kalo g percaya).

Aku coba bahas beberapa cerpen yang menurutku paling ‘nendang’ aja ya dari kedua penulis ini.

Dari Tante Kika: Cincin Kawin -> cerita ini, menurutku sangat menyentuh banget nihhh.. dan kalo dah baca sampe ending, bisa merinding sendiri. Ceritanya tentang seorang Ibu, Ibu dari Kei yang bermimpi buruk. Padahal, dia tidak pernah mendapatkan kunjungan kerja rutin dari sang mimpi biasanya. Namun, 3 malam berturut-turut dia mimpi buruk tentang anaknya. Dan memang benar kata orang, firasat ibu tuh jarang salahnya (oh ya, selamat hari ibu ya kemarin tgl 22 Des.. Jangan lupa untuk menyayangi orang tua kita juga, TANGGAL BERAPAPUN LHOOOO).. Dan,kekhawatiran sang Ibu pun terbukti.. terbukti gimana ya ? baca sendiri ya beritanya hehe.. tapi cara menggambarkan ceritanya keren banget deh, Tante..

Dari Mbak Vika: Durian dan Kepiting -> ceritanya, ada dua saudara Gus Rokin dan Gus Rokim yang pengen maju jadi caleg nih.. Mereka berdua dari keluarga yang terpandang di suatu desa. dan sebenarnya, leluhur keluarga mereka sudah berjanji untuk tidak ikut masuk ke bidang politik, karena mungkin politik itu bisa mengubah hidup kita dari yang simple jadi rumit yaa.. Tapi, kedua orang itu berani menentang arus, dan bergabung dengan partai yang berbeda. Nah, kisah serunya terjadi ketika capres dari masing-masing partai ingin berkampanye di desa mereka. dan kedua orang ini menyiapkan pesta penyambutan yang berbeda nih. Satunya pesta ala durian, satunya serba gulai kepiting.. Nyamm nyamm (aku sendiri g suka durian sih :p).. Nahhh, gimana donk akhir ceritanya ? hehe.. baca sendiri juga ye.. yang jelas, aku agak ketawa geli abisnya baca cerita ini.

Cover

Nah, salah satu keunikan nya juga, selain konsep isinya, cover yang disediakan juga ada dua lhooo.. Asik kan. yang mau beli bisa pilih sendiri deh cover yang disenengi. Nah, ini juga salah satu kelebihan dari nyetak buku di nulisbuku.com nihh.. hehe


Kritik

Kritik sedikit boleh donk yaaa.. hehehe.. yang paling bisa dikritik sih, ada sedikit salah-salah typonya gitu hehehe.. hmm, tp dalam taraf yang tidak mengganggu sih benernya.. dan maklum juga, mungkin karena ini self publishing, proses editing typonya juga tidak seketat di publisher besar mungkin ya..

Overall

Overall, cerita-ceritanya oke nihh.. cukup menghibur, dan tidak memerlukan pemikiran yang rumit. Namun, bukan berarti cerita yang disampaikan tidak perlu dipikir lhooo.. hehe.. bagaimanapun, cerita yang terlalu polos menurutku juga terlalu membosankan sih.. g ada twistnya gitu.. Konsepnya juga bagus banget nih, 1 judul di-imajinasikan berbeda oleh dua penulis. Rasanya sih baru ketemu kumpulan cerpen yang begini ini ya buku ber3.1.7an ini..

Saya kasih nilai 8/10 yaaaa..

*Hari ini, tanggal 23 Desember 2010, Tante Kika masuk Jawa Pos bagian Metropolis lhooo..