Beberapa posting blog kali ini bakal nyritain liburan pertama ku di China sama temen2 di sini (untuk 1 hari, aku critain dalam 1 post, kecuali post pertama yang juga nyakup hari ke-0, satu hari sblm kita sampe di tempat pertama).. well, lebih tepatnya ini adalah liburan yang kali pertama kita pakai jasa tur lokal dari Cina sendiri, soalnya aku sendiri udah pernah tur ke Cina bagian selatan dari tur Indonesia sih.. hehehe.. dan, yah, kesan setelah aku ikut tur ini adalah, memang fun, asyik, tapi juga capek, dan g nyaman sih.. jadi, ini peringatan aja, buat yang g bisa traveling agak repot dan kurang mau repot2 sendiri, mungkin harus cari tour agent yang agak elite.. karena dari tur ini, aku jadi berasumsi kalo tur di sini, tempatnya okelah, servisnya sih sangat standard mengarah ke bawah.. sorry to say, but that is the fact.. dan juga, ini adalah pengalaman pertama liburan di mana orang2 China sendiri juga pada liburan soalnya libur nasional.. dan, yah, km bisa kira2 sendiri kalo negara dengan penduduk 1.3 miliar lebih berwisata.. awful!..

Hari ke-0 – Beijing

Tgl 29 April 2011, hari terakhir sekolahku (Capital Normal University) ngadain mid term exam.. dan aku harus ngakui kalo di ujian kali ini konsentrasi kita (aku sama temen2) PASTI terbelah-belah, soalnya sudah pada mikirin trip kita yang pertama yang bakalan kita lakuin tepat setelah ujian.. hehe.. dan kita juga g mau buang-buang waktu untuk berlibur.. Jadi, malam Jumat itu juga, kita udah mulai ninggalin Beijing ke Xi An..

Aku selesai ujian jam 11.30 an.. dan dikabari kalo kereta ke Xi An, tujuan pertama kita pada liburan ini, adalah jam 5, dan kita harus udah nyampe ke station jam 3.. jadi, dengan waktu 3 jam yang tersisa, aku decide untuk pergi ke zhong guan cun, salah satu pusat belanja elektronik/komputer/handphone terbesar di beijing sini.. Mungkin kurang lebih sama ama THR kalo bagi orang Surabaya, sama Mangga Dua (kalo Jakarta, tapi sori juga sih kalau salah.. maklum bukan orang Jakarte :p).. Ke sana sih cuma pengen beli memory card doank.. MMC yang lama udah ada 8 GB + cadangan 4 GB.. tapi, karena takut ga cukup, dan kasus ga cukup memory di saat kita liburan bisa jadi adalah hal yang paling menyebalkan dan membuat kita menyesal (terutama kalo di tempat yang jauh kayak di China gn, belum tentu bisa dan mau pergi untuk kedua kalinya kan), jadi aku mutusin buat beli MMC 16 GB.. hehe.

jam 2 lebih sampe di asrama.. beres2 bentar, trus jam set 3 lebih kita berangkat ke station.. Kali ini, kita ke Bei Jing Xi Zhan, kurang lebih Beijing West Station deh.. Oh ya, jangan bayangin tur kita ini elite naik pesawat dsb nya gitu ya, tapi kita naik kereta api.. Kalo boleh spoiler di depan, malah dari 4 malam, kita hanya 1 malam nginep di hotel.. Lainnya ? kita bermalam di kereta yang memang khusus ada tempat tidurnya!.. hehehe..

Jam 3 lebih sampai di station.. kita ketemu sama Yun Hong, *yang menurut kartu namanya* manajer dari tour agen yang kita pakai.. Yun Hong ini orangnya baik banget lho.. orangnya ramah, mukanya juga muka baik2, malah kadang sampe mbuat aku ngrasa kasian liatnya hhahaha.. Well, ini beberapa foto yang aku ambil di Beijing Xi Zhan..

Papan Schedule

Henry - Jill - Da Ge berpose

Hmm, seperti yang sudah aku bilang di atas, kalo Labor Day Trip (3 hari libur, dan sialnya kena hari sabtu-minggu.. jadi bagi kita liu xue sheng (murid luar negri), bener-bener rugi deh!) adalah hari libur nasional di sini, yang berarti 1 China pada libur semua.. Dan Jumat malam itu, sebagian besar orang China *menurut Yun Hong* juga pada bersiap-siap liburan.. Jadi, ga heran kalo di station itu, pemandangannya hampir sama ama yang aku liat di tivi-tivi kalo menjelang libur idul fitri gitu di Indonesia :p.. hehehe..

Apesnya, Yun Hong bilang kalau tiket kita yang jam 5 tuh g ada ternyata.. Tapi, dia bilang, kita naik yang 6.30, hampir sama dengan tim kedua (dari 15 orang yang pergi berlibur, waktu berangkat ini, kita terpaksa misah jadi dua tim, 4 orang pigi duluan, sisanya nyusul.. rencana awalnya sih gitu).. Yah, kita sih gpp.. Cumanya, Yun Hong merasa bersalah gitu sama kita, jadi dia nawari kita nonton bioskop dulu sambil ngisi waktu.. Bioskop ??? iyah di sana ada bioskop kecil, dan berbagai fast food resto yang lengkap, mulai dari McD, KFC, GongFu, Yoshinoya, dll.. hehehe.. train station yang cukup mewah yah.. Oh ya, eksterior Station ini juga memukau banget, depannya masih bermodel istana2 China jaman kuno yang dipugar gitu..

Akhirnya sih, kita nolak nonton bioskop dengan pertimbangan kasian juga kalo dia ntraktir kita ber-4 nonton.. Jadilah kita mengemper ria di salah satu sudut di stasiun itu.. sambil mengobrol banyak.. ttg orang2 China, ttg rencana tur kita yang mau keliling China waktu summer vacation nanti.. hehe.. dan setengah 5 an, kita pamitan sama Yun Hong mau makan di Gong Fu Resto..

Nahhh, abis gini, ada hal yang cukup seru nih.. Jam 5 kurang 10, tiba-tiba Yun Hong nelpon, bilang kalau tiba-tiba aja dia udah dapet 2 tiket untuk ke Xi An, dia nanya kita ada yang bisa berangkat.. kita baru diskusi di resto Gong Fu, baru beli makan minum, tiba-tiba ada suara ribut di belakang kita.. Si Yun Hong sama si Pak Tua (hmm, Pak Tua ini orang yang tugasnya beli tiket kereta kayaknya) tiba-tiba datang.. Si Pak Tua ngomel-ngomel ke Yun Hong sambil ngacung-ngacungin 2 lembar tiket kereta. Intinya dia marah-marah, udah dapat tiketnya buru-buru, kita kok malah sante-sante di sana.. Lha dia juga g nelpon Yun Hong.. Katanya udah nelpon, tapi g diangkat.. Pokoknya seru la.. sampe kita pada diliatin orang-orang sebelah-sebelah.. Aku g ambil pusing, trus ngajak Da ge, kita ambil aja tuh tiket daripada terus-terus ribut gt.. Jadi, dengan keburu-buru, kita langsung ambil tas dan turun ke bawah ke platform dari kereta tujuan Xi An itu.. sambil masih ngrasa ‘Hey, something’s not right’.. Jadwal keberangkatannya jam 16.55, aku liat jam udah jam 17.00.. Lha ini orang maunya apa jam 16.55 berangkat jam 16.55 baru nyariin kita.. Dan bener aja, baru aja kita nyampe di depan pintu masuk, petugasnnya bilang keretanya udah mau berangkat, g mungkin keburu.. Tambah meledak-ledaklah si Pak Tua ke Yun Hong.. Mukanya Yun Hong kayak uda mau nangis aja.. beneran deh.. aku sampe kasian gt.. abis gitu, si Pak Tua pigi mau return tuh tiket (bisa direfund, tapi kena potongan 20% kalo g salah).. Si Yun Hong ngomel2 deh ke kita, intinya ‘Itu Pak Tua ngapain aja sih, ngapain juga buru-buru nyariin tiket.. Kan tadi udah janjian jam 6.30 berangkat bareng-bareng ama yang lain’.. well, aku ama da ge iya iya aja lah.. abis mukanya kasian juga.. hehehe..

jam 6 lebih, rombongan lain (yang baru selesai skul jam set 4.. poor them :p) udah nyampe di stasiun.. dan kita ngumpul2 deh bareng mereka.. hehe.. jam setengah 7 krg, kita masuk ke kereta masing-masing.. akhirnya kita pencar jadi 2 tim yang terpisah di 2 kereta.. aku sendiri sama Jill, Marni, Da Ge, ama Henry.. Rombongan yang lain: Widya, Dianne, Helena, Henri Tanoko, Hyung (kakak laki-laki in Korean) Kim Kyung Shin (orang Korea asli lho ini! tapi sekarang, tiap kali dia ngefotoin kita, dia ngitung pake ‘Satu, Dua, Tiga’.. Aneh tapi nyata..), Amel, Devi, Ferlina, Stephanie, Lidya..

Rombongan kita masuk kereta dengan nyaman sih.. g ada apa2.. cuma aku agak terbelalak juga pas tau aku harus tidur di ranjang atas.. Kan ranjangnya bersusun tuh, jadi ada shang (paling atas), zhong (tengah2), dan xia (bawah).. nahhh aku kebetulan dapet shang.. tp aku coba-coba, kok g bisa ya naek ke tempat tidurnya tuh.. ckckck.. g lihai melekuk2kan tubuh kayaknya.. saking putus asanya, aku sampe mikir mau tidur di kursi di bawah aja.. hehe.. untungnya si Da Ge berbaik hati mau nuker sama aku, jadi aku dapet zhong.. dan itu juga g gampang aku naiknya lho!!!! duh..

Oya, gimana dengan rombongan lainnya ? Well, ada sedikit masalah sama mereka.. 6 orang dapat tiket ‘pengantar’.. aku sih sampe mangkel juga ama si Pak Tua, kok bisa si dibeliin tiket pengantar yang harganya cuma 1 Yuan (kurs sekitar Rp 1350an).. untung ada Lidya yang udah fasih ber-han yu ria, jadi bisa nghandle masalah ini.. dan intinya, si Pak Tua ngasi duit 1800 yuan buat bayar tiket di keretanya langsung.. aku mikir, what the hell banget kok g bertanggung jawab gt.. akhirnya sih memang bisa bayar di keretanya langsung. cuma, menurut cerita anak-anak di sana, mereka dapat gerbong kayak gerbong pekerja gitu lho.. well, tapi yg namanya cewe ya, di gerbong pekerja gt pun masih sempat foto-foto kok hahahaha..

jadi, hari ke-0, kita habiskan di kereta.. well, aku agak g nyaman yah di kereta, tidur di ranjang yang rasanya ‘ngambang’ gt hehehe.. dan untung ada galaxy tabku, aku sempat nonton film Yes Man sampe habis sblm akhirnya tidur.. tidur pun g nyenyak, soalnya aku takut jatuh.. hahaha.. jadi sambil tidur, sambil megang besi pengaman, dan sebentar-bentar juga kebangun.. g nyaman banget deh..

Hari ke 1 – Xi An

Bing Ma Yong (兵马俑)- Terracotta Warriors

Sampe di Xi An jam 7 pagi.. kita udah siap menuju ke tempat wisata kita yang pertama, which is the famous Terracotta Warrior of Emperor Qin.. Oh ya, sebagai info aja, Xi An adalah salah satu kota paling kuno di China, jadi banyak peninggalan sejarah di sini.. Xi An juga jadi ibukota dinasti-dinasti China yang lama, sebelum dipindah ke Beijing.. Yaa, Xi An bisa dibilang juga salah satu kota terpenting dalam budaya dan sejarah China..

Hari ini, banyak juga yang pergi ke Terracotta Warriors ini.. ini foto-foto kita selama di sana..

Suasana di Ticket Box

Pintu Masuk

Daripada capek-capek jalan, mending bayar 5 yuan per orang naik mobil ini

Pintu Masuk ke Salah Satu Museum

Di sana, kita ditemeni salah satu official guide (dengan bahasa mandarin tentunya) yang tugasnya nyritain kita sejarah dan hal-hal penting lainnya.. yah bagus juga sih.. supaya kita g cuma berfoto-foto aja kan di sana.. hehehe.. Bangunan pertama yang kita masuki adalah bangunan sejenis musium.. Kayaknya cuma ada dua patung foto ini yang penting (setidaknya menurutku sih :p)

Patung Prajurit dan Kereta Kuda

Abis dari musium ini, kita berpindah tempat.. maunya ngliatin patung-patung terakota yang terkenal itu lho, yang seperti di ceritanya film The Myth.. hehehe.. nah, sblm itu, kita sempat ngliat sebuah gunung.. Kata guidenya, itu adalah gunung di mana Qin Shi Huang (kaisar pertama China) dimakamkan.. Bagi yang belum tau, terracotta warrior (atau bahasa mandarinnya ‘bing ma yong’ – red baca ping ma young’) adalah salah satu ‘karya’ sang Kaisar yang menyuruh dibuatkan beribu ribu patung prajurit (tanpa ada satupun muka yang sama lho!) untuk menemani makamnya nanti..

Gunung yang ada makam Qin Shi Huang

Nah, bagi yang udah g sabar liat foto-fotonya Bing Ma Yong, there are the photos

Ada plang dengan tulisan yang artinya "Ini tempat pertama kali ditemukan Bing Ma Yong, sebelum akhirnya mulai digali"

Beberapa Bing Ma Yong masih dalam bentuk serpihan-serpihan dan menunggu untuk "diservis"

Para Pengrajin Bing Ma Yong yang tugasnya "menyervis" dan memelihara patung-patung

Oh ya, menurut cerita guide kita, benernya masih ada lagi ribuan terakota lainnya di bawah tanah.. cuma, sampe sekarang masih belum mau digali.. Menurut crita, terakota ini dulunya dilapisin emas semua lho.. Cuma, sejak ditemukan dan kena udara (oksidasi kali ya), lama lama lapisan emasnya rontok sampe jadi kayak dari tanah liat gitu sekarang.. Makanya, patung terakota lainnya masih belum mau digali..

NB:Another info tambahan, dari remah-remah batu terakota/tanah pasir yang ada di sini ini, kadang dibuat jadi souvenir untuk dikasiin ke orang-orang penting yang berkunjung ke sini lho..

Selain terakota yang agak monoton (karena berwarna coklat semua itu), sebenarnya masih ada lagi terakota yang berwarna. Sayangnya, pengunjung biasa g boleh liat terakota model ini. Hanya tamu super penting (seperti Presiden negara lain) yang boleh liat terakota berwarna waktu berkunjung ke tempat ini. Jadi, kita cuma bisa liat fotonya aja seperti gini:

Abis itu, kita masuk ke sebuah gedung yang seperti tempat jual beli souvenir2 di sini.. Ada yang sedikit unik di sini, yaitu di dalam gedung ini, ada satu orang yang sangat terkenal, *sayangnya aku lupa namanya nih*, yaitu orang yang pertama kali nemuin lokasi bing ma yong ini.. dan sekarang, kerjaannya adalah: KASIH TANDA TANGAN DI BUKU SOUVENIR BING MA YONG. Serius lho ini.. hahaha.. Di sana kan ada jual buku sejarah bing ma yong dll (harganya 180 RMB kalo g salah sih).. trus kerjaannya Bapak ini cuma tanda tangan doank.. sudah tua sih, tapi dandanannya masih macho kayak mafia gt.. Kenapa aku g ada fotonya ? karena guide kita bilang, “tolong orang ini jangan difoto. Bayangin aja, kalo semua orang foto dia, matanya bisa rusak lama-lama kena blitz.” Hahhaa.. ngakak deh kita semua.. masuk akal juga ya.. Tapi, ada temenku yang juga nyolong-nyolong foto dari jauh si :p..

Gedung Tempat Penemu Bing Ma Yong "kerja"

Sesi Foto Keluarga

Hmm, selanjutnya sih mungkin cuma foto-foto aja ya, karena g ada something yang special banget selain bing ma yong di sini..

Patung Kuda..

Patung-patung tiruan bing ma yong buat foto

Pedang untuk Souvenir

Souvenir Standard seperti patung patung kecil, gantungan kunci, dll juga ada

Oya.. tambahan informasi lainnya.. Waktu kita pergi ke sana, Xi An terlihat bener-bener cuantik, banyak bunga di sana.. Nah, ternyata, pada awal Mei, di sana akan diadakan World Horticulture Conference. Ga heran kalo kota ini menjadi cantik, termasuk tourism object seperti bing ma yong ini.. Nih foto-fotonya..

Maskot Conference

Bunga-bunga di mana-mana

Huan Ying

Foto with Mascot

Foto Keluarga_2

Yak.. cukup sekian perjalanan di Bing Ma Yong… Next ? Hua Qing Chi, untuk ngliat patung Yang Gui Fei yang diakui sebagai nomer 1 dari 4 cewe China tercantik jaman dulu.. well, cantik beneran tah ? liat sendiri patungnya hehehe..

Hua Qing Chi – 华清池

Hmm, di tempat ini, ada beberapa tourism object yang terkenal selain memang pemandangan alamnya juga bagus sih.. yang paling terkenal adalah patung Yang Gui Fei.. Yang lainnya tuh rumah Chiang Kai Sek (Jiang Jie Shi) yang kita kenal sebagai pendiri Taiwan sekarang ini.. Beliau sempat bertempat tinggal di sini..

Dari depan, pemandangannya sudah bagus sih.. terutama untuk mereka yang suka foto landscape :p

Opening Gate

Seperti Istana dan Danau di Film-film Mandarin


Foto-foto yang di bawah ini adalah foto dari eks rumah Chiang Kai Sek..

Kamar Bodyguard Chiang Kai Sek

Salah satu view Kamar Mandi Mr Chiang

Bak Mandi Mr. Chiang

Salah Satu Ruang Kerja

Kamar Tidur Mr Chiang.. Tentunya paling bagus sendiri di antara yang lain..

Foto Pernikahan Mr Chiang dan Istrinya

Setting Ruang Pertemuan/Rapat

Menurut cerita, gunung yang ada di belakang adalah tempat Mr Chiang lari ketika tempat tinggalnya ini digerebek.. Karena g ada jalan lain lagi, terpaksa deh sembunyi naik gunung gitu..

Sekian dulu cerita tentang Mr Chiang.. Kita berpindah ke berbagai cerita zaman kerajaan kuno, tepatnya ketika zaman Yang Gui Fei, cewe tercantik dalam sejarah China.. Yang Gui Fei benernya tuh istri dari putra mahkota (lupa kaisar sapa dinasti apa).. tapi, saking cantiknya, kaisarnya sendiri pun sampe kepincut dan ngambil dia jadi istri (atau selir ya ?) kesayangan.. Kebayang ga ya gimana perasaan si pangeran ngliat istrinya sendiri diambil sama papanya.. ckckck.. tapi, ya gitu lah kaisar zaman dulu kan.. omongannya ya perintah langit deh :D….

Patung Yang Gui Fei

Alkisah, Yang Gui Fei hidup di zaman di mana paradigma (buset bahasanya) cewek cantik itu bukanlah cewe yang seksi, langsing seperti zaman sekarang. Tapi, cewe cantik zaman dulu itu adalah yang gemuk, bulet, dan ‘berisi’ gitu kali ya.. Jadi, kalo Yang Gui Fei naik mesin waktu ke zaman sekarang, bisa jadi dia ngga akan disayang kaisar lagi lho.. hehehe.. soalnya menurut sejarah, Yang Gui Fei ini ya agak gemuk sih ya..  Tapi, kalo liat patung di atas, kayaknya g bulet-bulet amat deh😀..

Trus, kita keliling untuk liat isi istana zaman dulu.. besar-besar sih.. bayangin aja itu kamar mandi zaman dulu, sekarang bisa disebut kolam renang lho..

Kolam Mandi Yang Gui Fei

Kolam Mandi Kaisar

Air yang dipake mandi bening banget

Oya, air yang mengalir ke kamar/kolam mandinya para selir tu bukan air yang langsung dari sumbernya lho.. Konon kabarnya, air yang dipake mandi oleh selir adalah air bekas yang dipake Kaisar untuk mandi sebelumnya.. Jadi, air yang bener-bener bersih dari sumber air dipakai dulu oleh Kaisarnya, terus dialirin ke kamar mandi para selirnya..

Chef Imperial, atau koki kerajaan juga dapat kehormatan kolam mandi yang cukup besar.. Nah, kalo diperhatiin, kan ada kayak sebuah kotak yang ada lubang-lubangnya.. Itu adalah tempat para koki untuk menggosok kaki waktu mandi. Kenapa ? soalnya mereka ga boleh pake tangan untuk menggosok kakinya.. Tangan mereka itu kan tangan yang masakin makanan buat Kaisar, jadi ya harus steril donk!..

Kamar Mandi untuk Imperial Chef

Tempat para imperial chef nggosok kakinya

Ini scene-scene lain dari Hua Qing Chi, sebelum kita pindah ke lokasi lainnya..

NEXT…

Well, ini agak memalukan sih.. tapi aku lupa nulis dan g inget nama tempat berikutnya apa.. hehehe.. yang jelas, katanya, di sana ada pagoda terkenal yang masih berhubungan ama pendeta Tong Sam Cong (Tang San Zang) dalam legenda journey to the west.. tourism object ini letaknya di dalam kota Xi An.. jadi bukan lagi di luar kota.. di sana, kita juga dihibur ama atraksi air mancur (well, tapi kalo boleh jujur sih, ya nda bagus-bagus amat.. di Indonesia juga bisa deh :p ).. Berikut foto-fotonya..

KFC di sana.. Gedungnya bagus lho

Air Mancur

Air Mancur dan Pagoda

Wang Wei, penyair terkenal dinasti Tang yang disebut sebagai 'Poetic Budha'

Patung Luyu, master tea ceremony dinasti Tang yang disebut sebagai 'Tea Sage'

Pagodanya Tang San Zang

Ngga lama-lama di tempat ini, kita pergi lalu ke destinasi terakhir (yang lagi-lagi, sayangnya) aku lupa nama persisnya apa hehehe.. berikutnya, kita menuju ke tengah kota Xi An..

Xi An City

Di tengah kota Xi An ini, kita bakalan ngliat ada dua temple (satunya zhong lou yang artinya temple ini ada tepat di tengah kota Xi An kalau diliat lokasinya di peta, satunya gu lou yang artinya kurang lebih temple kuno)..

Gu Lou

Kita g masuk ke dalam temple ini.. cuma, ada 1 hal istimewa dari temple ini, yaitu ada Da Gu (dibaca ta-ku, kalo di Indonesia lebih terkenal dengan nama bledug) yang katanya terbesar di dunia sih..

Da Gu terbesar yang di kiri..

Zhong Lou (1)

Zhong Lou zoomed (2)

Nah, trus, di tempat ini, ada satu restoran yang cukup terkenal dengan jiaozi (dumpling) nya.. Kenapa terkenal ? Karena resto ini menyediakan 100 rasa 100 macem dumpling yang berbeda.. Modelnya buffet gt kalo g salah, jadi 1 orang bayar 100 RMB (kira-kira 130-140ribu rupiah) untuk sekali makan di sini. Kita sih g sempat nyobain, tapi menurut tour guidenya, resto ini terkenal banget di Xi An.. Nih foto-fotonya..

Restoran 100 Dumpling

Macam-macam Dumpling (1)

Macam-macam Dumpling (2)

Nih beberapa foto lainnya, kebanyakan sih taman.. Seperti yang udah ditulisin di atas, waktu itu, Xi An kan jadi tuan rumah World Horticulture Conference, jadi nda heran kalo taman-tamannya dihias bagus-bagus banget deh..


Sampai di sini trip kali ini di Xi An.. Abis itu, kita diantar ke train station menuju ke ‘hotel’ kita malam itu, alias kita bermalam di kereta lagi.. oh menderitanya😦.. yang lebih parah lagi ya, kondisi station di Xi An itu bener2 puaraahhhh.. terutama masalah kebersihan toiletnya.. untuk masalah kejorokan, bintang 7 deh itu levelnya.. ckckck.. jangan sering-sering ke sana aja.. sekali cukup :p

Jadi, demikianlah hari pertama labor day trip kali ini.. masih ada 2 hari lainnya menunggu untuk ditulis🙂.. sampai ketemu..