yaahh.. post ini bercerita tentang pengalaman ikut Creative Solutions Award, ato disingkat CSA.. untuk melihat kontes ini, kita dapat mengakses webnya, www.creativesolutionsaward.com.. CSA merupakan suatu kontes di mana panitia menyediakan permasalahan yang lalu akan direspon oleh peserta dengan cara mensubmit ide terkait dengan masalah tersebut. Keliatannya merupakan kontes yang cukup ‘mudah’, namun tidak begitu juga kenyataannya..

CSA sendiri dilaksanakan dalam waktu 4 periode, di mana 1 periode terdiri dari 2 dwi mingguan. Saat ini, CSA sudah memasuki dwi minggu pertama dari periode ke 2 dengan tema ACFTA.. untuk tema minggu pertama,yaitu Desa Pinter (Desa Punya Internet).. selengkapnya bisa diliat di sini (termasuk dengan ide yang saya submit). dari dwi mingguan pertama, juri akan memilih 1 ide yang dianggap paling kreatif, lalu pada dwi mingguan ke dua, ada 3 pemenang yang bisa diperebutkan, yaitu Best Comment (comment yang dianggap paling baik dalam suatu ide), Best by Jury (sama dengan dwi minggu pertama), dan Best By Vote (ide yang dipilih berdasarkan vote paling banyak).. Untuk ide-ide yang disubmit, tentu sudah difilter oleh jury sehingga yang dipublish di web nya hanyalah ide yang sudah menjadi pilihan jury saja.

Hal-hal di atas adalah hal-hal umum tentang CSA..

Nah, gimana ceritanya aku bisa ikut kontes ini ? jujur aja, dulu aku ga tau ada lomba kayak gini an .. aku tahu nya dari iklan nya CSA di detik.com.. karena tergolong pembaca setia detik.com (sehari bisa buka 3-4 x ), tentu setiap kali buka pasti keliatan iklan nya CSA ini.. akhirnya iseng-iseng buka web nya.. (waktu itu web nya sangat-sangat lambat >.<).. lalu rasa nya kok tertarik juga ya (selain itu, juga pengen dapet hadiahnya, BB Gemini.. hehehe.. beli sendiri sih bisa juga, tapi dari dulu pengen punya BB gratis, entah menang undian ato dapet hadiah :p).. jadilah aku mulai mikir2 ide apa aja yang kira-kira bisa masuk ke tahap nominasi dan dipublish di web (kalo dipublish aja, udah dapat sertifikat + kaos lo hehehe lumayan jg kan pikir ku).. untuk ide ku, liat di post sblm ini (nomor #393), ato klik sini

Pikir dipikir, ide awalnya, adalah pengen mbuat suatu sistem mentoring warga desa akan keberadaan internet yg buat mereka begitu asing.. itu sih ide awalku.. tp bingung juga implementasi nya gimana.. jadi masih dipending dulu submit ide nya.. Lalu, entah kenapa, ada suatu hari, di mana aku kepikiran untuk membuat sistem pakar (expert system) yang dapat dimanfaatkan untuk warga desa tersebut. kenapa aku pilih ES (exp. system) ? karena menurut ku, warga desa tidak seberuntung warga kota dalam akses informasi.. mereka tidak punya banyak alternatif untuk tempat bertanya.. contoh, kalo mereka sakit, pasti dirujuk ke dokter di desa, dan kalo dokter itu sudah bilang sakit A, ya rasa-rasanya warga akan patuh saja tanpa mencari second opinion.. di sinilah letak ES berperan menurut ku.. mereka bisa ‘bertanya’ dan ‘berkonsultas’ pada para pakar yang sudah menjadi suatu sistem di sini..

aku masih ingat, tanggal 16 April, hari sabtu aku submit ide.. bertepatan dengan diumumkannya pemenang dwi mingguan pertama tuh.. yah untunglah bisa ikut dwi minggu kedua langsung.. karena sebelumnya aku sempat mau post hari jumat malam, tp karena web nya terlalu lambat, akhirnya ndak jadi submit..

lalu, hari minggu masih g ada kabar.. hari senin, pagi, sebelum ke kampus, akhirnya masuk juga email yg menyatakan kalo ide ku udah masuk nominasi dan dipublish di web.. Untungnya lagi, punya ku waktu itu dipublish paling terakhir yang otomatis menempati posisi paling atas setiap kali dibuka web nya.. menurut ku,ini jadi satu advantage tersendiri karena pasti paling keliatan (pikir ku sih begitu).. nah, hari senin pagi pikir ku sih ‘wah lumayan nih..dah dapet sertifikat dan kaos’.. sebenernya, pingin juga mulai minta vote dukungan (waktu itu vote ku 0, dan vote yg rank pertama udah 300an lebih).. lalu, 2-3 jam kemudian, mulai ada yang vote.. dari temen ku sendiri, yg vote pertama adalah sisil :p waktu itu jg sambil liat sikon, sambil mempersiapkan ‘iklan’ di fb untuk mnta dukungan temen2.. dan sampe siang, akirnya ide itu suda masuk 5 besar top by vote..

menurut ku, start itu aja udah cukup bagus bwat ide pemula (dan baru beberapa jam nongol).. namun, kayaknya manusia g pernah puas ya.. hehehe.. jadilah aku mulai ‘spam’ fb untuk mencari dukungan temen2.. dan hasilnya jam 3 sore sudah mengejutkan.. aku udah di rank 2.. vote ku sekitar 300 an lhoo (dari 0 pada jam 8 pagi).. tpi yang rank 1 udah 500an juga (berarti progress nya juga bagus).. jam set 4 aku harus ngastepi, dan pulang-pulang jam 6 sudah 400an, beda 100 vote aja sama rank 1nya.. tambah malam kok tambah rame ya.. puncaknya, sblm aku tidur, udah mencapai 1000 vote.. bayangin aja.. aku aja sampe shock banget, karena jumlah temen ku yg tak kenal pun g ada sampe 500 deh rasanya.. Mungkin inilah yg dikenal Word of Mouth dalam marketing yaaa hehehe..

namun, selasa malam (besoknya), sedikit mengejutkan, vote2 direset (pihak CSA tidak mengatakan direset, namun ‘vote untuk periode pertama dwi minggu pertama tidak dihitung lagi’).. menurut ku kok agak aneh ya, secara aku mulai berpartisipasi kan mulai dwi minggu ke dua kan.. lantas kenapa vote ku jg harus dihapus ??? yah sudahlah aku mau gimana lagi.. terpaksa harus mulai dari 0 lagi lhoo (Dari 1400 jadi 0, kebayang ga tuh shock nya gmn..)

rabu, besoknya, vote ku dah mulai mengejar (tanpa publikasi di fb lagi sih).. thx jg bwat temen2 yang mau vote doble (karena aku sempat sungkan minta mereka vote lagi).. yah lumayan la, walaupun yg vote skrg cuma 300an aja.. dan mulai hari kamis, karena aku masih berada di pole position, maka sesuai ketentuan, panitia membuka debate room bwat ide ku ini (sayangnya belum sempat print screen.. karena menurutku layout debat roomnya menarik jga ;P)..

Sperti diduga, banyak sekali komen2 yang kontra.. yah, inilah yg namanya debate kan.. pasti banyak yg kontra timbang pro (kecuali yg punya ide sendiri dan teman2nya).. bahkan ada yang mempertanyakan, karena vote ku banyak yg dari sms, apakah ide ini layak menang atau tidak.. namun, menurut ku, winner by vote jelaslah merupakan ide banyak2an vote, bukan bagus2an ide kan.. seperti kata Kiyosaki tentang buku nya ‘Saya mungkin bukanlah penulis buku terbaik, namun saya penulis buku terlaris’.. sama juga, mgkn ide ku bukan lah ide yang paling baik, tapi teman ku cukup banyak dan mereka mau vote buat aku. gitu aja.. aku rasa, by vote mmg tidak sevalid penilaian jury.. namun toh sistem vote ini banyak diadopsi oleh banyak lomba, termasuk Indonesian Idol sekalipun lhoo.. bahkan ada jg yang mengatakan ‘ide ini kalo tidak mendapat nilai 4 untuk rata2 penilaian jury, tidak layak menang’.. wah menurutku sangat nyelekit juga sih.. namun ya mereka salah kaprah jg kalo mengharapkan by vote = best by jury secara kontent.. toh dalam debat aku juga udah berusaha maksimal membela dan menjelaskan ide ku ini.. kalau tetap dicibir dan dikatakan kurang bermanfaat, ya itu hak yg memberi komen sih :p hehhee.. aku sendiri sampai merasa gamang juga lho mendapat respon kayak gini.. mgkn kalo ada fitur walkout gitu, aku bisa2 walkout benran g ikut lomba lagi.. sebagai manusia biasa, tentu ada kala nya merasa disudutkan dan pengen lepas dari itu semua..

setelah berjuang dalam debate room (yg sampai paging nya ada 4 ato 5 kalo g salah, dan cuma dibantu andre, david, ma rio dalam defense), akhirnya jumat malam ide ini dinyatakan menang by vote lhooo..

Untuk total vote nya, ada 386 vote pro dan 10 vote kontra

Yahhh akhirnya saya menang deh.. berkat bantuan temen2 semua nya..

demikian lah pengalaman ikut CSA.. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih buat temen2..

Sekiranya di post di atas ada yang merasa tersinggung, saya minta maaf aja yaa hehehe.. ini hanya sharing saya selama ikut lomba ini.. gak semuanya dirasa enak jg.. ada kalanya jg jengkel, tersudukan, dll.. namun itulah yg namanya kompetisi kan.. lmyn buat nambah pengalaman hidup :p.. hehehe..

Buat pembaca yang lain, masih banyak waktu kalo mau ikutan lhoo.. sampai juli kok lombanya ini.. jangan lupa ikutan yaaa.. Kreatif Yuk!!

Advertisements