Nyambung post terakhir tentang angkutan umum di Beijing, kali ini aku membahas tentang salah satu angkutan umum massal yang paling laris (kayaknya di negara mana pun), yaitu bis umum.

Bis Umum di Beijing

Bis Umum di Beijing

Naik bis di Beijing, sebenernya cukup nyaman, terutama karena murah dan rutenya jelas, 99% akurat. Murah, karena terkadang ada bis yang tarifnya flat dari ujung ke ujung cuma seharga 1 RMB (kurs 1 RMB sekitar Rp 1400) kalau bayar tunai, sementara kalau pakai kartu ajaib bernama transport card (bahasa mandarinnya yi ka tong, 一卡通)bisa lebih murah sekitar 60%, alias cuma bayar 0.4 RMB. Memang, untuk bis yang rutenya lebih jauh lagi, ada tarif yang variatif, dari 0.4 – 2 RMB.. tapi masih relatif lebih murah donk daripada naik taxi yang tarif argo basicnya aja udah 10 RMB + ketentuan bayar 2 RMB lagi untuk service fee.

Kartu Transport

Contoh Kartu Transportnya seperti di bawah ini nih (dan bisa untuk naik MRT juga, dan sebagian taxi juga bisa bayar pakai kartu ini, tapi aku g pernah nyoba sih).. Kartu ini harganya sekitar 45-50 RMB, dan pas pertama beli sudah dikasi deposit 20 RMB.. Oya, kalau sudah ga dipake lagi, kartu ini juga bisa direfund lho (kalo aku sih, aku bawa pulang aja deh, buat kenang-kenangan :D).. Jangan lupa kartu ini cuma berlaku di Beijing lho!

Kartu Transport – Yi Ka Tong

Lalu, masalah rute, juga cukup nyaman karena bis cuma berhenti di halte-halte yang sudah jelas dan pasti. Jujur aja aku belum pernah pakai bis di Indonesia sih (cuma angkot aja, itu pun nyarter angkot rame-rame sama temen-temen :p). Tapi, kalo aku liat, bis-bis/angkutan umum di Indo juga seringnya berhenti di sembarang tempat. Dan ga dilengkapi rute yang jelas lagi.. Kalo di Beijing sini, di tiap halte, pasti ada papan yang berisi rute perjalanan yang ditempuh oleh suatu bis sesuai nomer bisnya.. Jadi, walaupun kita masih pemula dan g tau jalan, selama kita tahu halte (di sini kita nyebutnya ‘zhan’, 站, alias station ato halte) tujuan, pasti nyampe deh.. Nih contoh papan rute untuk bis nomer 87 yang pasti sering dipakai anak-anak Capital Normal University, kampus tempat aku belajar bahasa..

*Updates*

Oya, untuk membeli kartu ini, setauku sih bisa dibeli di stasiun-stasiun MRT tertentu. Tertentu di sini maksudnya adalah kalau stok kartu transport di stasiun mereka habis, maka kita ga bisa beli. Tapi, kalau memang di stasiun itu ada stoknya, bisa dibeli. Untuk yang lain, aku juga kurang tau. Namun, bisa juga dicoba ke toko/kios kecil yang biasanya jual majalah, koran dan minuman di pinggir jalan itu.

Papan Rute Bis di Beijing dan Keterangannya

Contoh Papan Rute Bis

Nah, secara umum, semua papan rute bis itu kayak di atas.. Keterangannya:

  1. No 1 adalah nomer dari bis tersebut, dalam contoh ini, bisnya bernomer 87. Ingat, beda nomer beda rute lho. Jadi, hati-hati ya liat nomer bis yang dateng😀
  2. No 2 adalah origin + last station dari bis nomer 87 ini. Origin station berarti station awal perjalanan bis ini, sedangkan last station adalah station terakhir yang ditempuh oleh bis ini.
  3. No 3 adalah waktu operasi bis ini. 首车 5:30 -> menandakan bis ini mulai beroperasi jam 5.30, sedangkan 未车23:00 menandakan bis terakhir beroperasi jam 23.00 dan sekitarnya (lebih-lebih dikit). Jam bis ini sebenenarnya juga g menentu sih, terutama jam bis terakhirnya. Aku pernah naik bis bernomer sekian sekian jam 23.00, padahal tulisannya jam terakhirnya adalah 22.00. Jadi, kalo beruntung, bis juga bisa beroperasi di luar jam yang sudah ditentukan😀
  4. No 4 merujuk pada nama zhan tempat kita melihat papan pengumuman ini.
  5. No 5 adalah daftar urutan perjalanan yang berisi semua zhan yang akan dilewati oleh bis ini. Zhan yang dilengkapi tanda panah menyatakan posisi zhan saat ini, dan cara ngliatnya adalah bergerak ke kanan.
  6. No 6 menyatakan tarif bis. Untuk no 87, tarifnya flat 1 RMB (kalau bayar tunai, pakai kartu transport 0.4 RMB)

Nah, dengan adanya plang di atas, menurutku, naik bis jadi mudah banget sih. Hehe..

Kekurangan Naik Bis

Minusnya naik bis ??

  • so pasti g nyaman, terutama kalau pas jam sibuk (istilahnya 高峰 – gao feng, alias peak time).. biasanya di jam 7-9 (pagi), ato jam 5-7 (sore). Itu kan jam-jam masuk dan pulang kerja+sekolah. Jadi, harap maklum ya. Ingat, penduduk China ada berapa. Hehe.. Di Beijing aja kurang lebih ada sekitar 20 juta orang lho. Ini juga kejadian yang sangat-sangat biasa terjadi di MRT. Berdempet-dempet ria di angkutan umum massal, dan harus kuat-kuat nahan body odour alias aroma badan orang China yang kelihatannya ga compatible ama hidup orang Indo (menurut pengakuan teman-teman di sini sih :D)..
  • Cara nyetir yang ugal-ugalan. Kalo ga biasa (yang biasa pun belum tentu tahan kadang-kadang), bisa mabuk darat sampe mau muntah. Ciri utamanya, ‘maju-rem-maju-rem’. G enak banget deh. Dan setirannya juga maut banget. Pernah kejadian bis yang aku naikin rem mendadak, dan orang-orang yang ga dapat pegangan di bagian tengah bis sampe terjungkal lho. hehe.. Jadi, kalo mau naik dengan aman, pastikan minimal pegang besi-besi pegangan yang ada di sepanjang bis. Kalau beruntung banget, ya bisa duduk di kursi deh😀
  • Di atas, aku sempat bilang rutenya 99% akurat. Nah, 1% nya kenapa ?? Kadang, ada kejadian di mana supir bis minta kita turun dengan ‘paksa’ karena satu atau lain hal. Contoh: bisnya rusak, jadi g bisa jalan lagi. Trus ada supir bis yang bilang kurang lebih gini ‘bis ku cuma turun sampe xxx, ndak turun sampe yyy’. Nah, kalo kita ga tanya waktu naik (karena kita berasumsi bis itu kan menjalani rute sesuai yang ada di plang), yah bisa repot deh, nda bisa sampai persis ke tujuan. Terakhir, kemarin (24-09-2011) aku naik bis nomer 8, bis itu ngga berhenti sesuai dengan yang tertulis di rutenya lho (padahal biasanya teman-temanku naik bis itu dan selalu berhenti sesuai tujuan), jadi yah kita berhenti ke zhan yang terdekat dan jalan kaki lagi deh..

Cara Memilih Bis

Cara paling gampang, benernya sih ya jelas aja nanya teman ato orang lain yang udah tahu donk.. Hehehe.. Tinggal nanya ‘kalo mau ke tempat ini, naik bis nomer brp ? berhentinya di zhan mana nih ?’ gitu.. Kalo cara ini sih, kayanya g perlu dibahas di sini yah.. Cuma kalo mau nanya ke orang china, mgkn bisa ngomong kayak gini nih bagi yang belum tahu caranya:

Q: 请问,这个地方,坐公交车怎么走呢?坐几号的车? (Qing wen, zhe ge di fang, zhuo gong jiao che zen me zou ne ? zhuo ji hao de che ?)

Kurang lebih artinya gini, ‘permisi numpang nanya, tempat ini, kalau naik bis, gimana caranya ya ? naik bis nomer berapa?’ gitu.. *dengan asumsi pembaca udah ngerti cara baca pin yin dalam bahasa mandarin yah😀

Nah, kalau mau lebih canggih lagi, bisa pakai internet nih.. hehe.. kan sekarang semuanya zaman online😀

Ada website namanya http://www.bjbus.com/home/index.php -> ini website official dari pemerintah beijing khusus untuk semua hal yang berkaitan dengan beijing bus transportation (defaultnya pakai bahasa mandarin, tapi bisa diganti jadi bahasa Inggris di link bagian atasnya :D)..

BjBus Halaman Home

Yang penting dari halaman pertama ini sih, bagian nomer 1 untuk ganti ke bahasa Inggris. Lalu, bagian no 2, yang ada dua bagian, yaitu 起点 ato zhan tempat kita berangkat sama 终点 ato zhan tujuan kita. Hmm, kayaknya, untuk ngisi nama zhan yang diinginkan, harus pakai hanzi (karakter mandarin)😀.. Dalam contoh di atas, untuk zhan tempat berangkat, aku masukin 紫竹桥南 (zi zhu qiao nan) yang haltenya deket ama sekolahku, sedangkan zhan tujuan adalah 公主坟 (gong zhu fen), salah satu MRT station line 1 yang paling deket sama sekolahku. Setelah itu, ada drop down yang berisi 3 pilihan yang bisa dipilih nih.. 1) 轻快 (qing kuai) yang juga default, artinya paling cepat dan mudah. 2) 少换乘 (shao huan cheng), artinya paling dikit gonta-ganti bis. 3) 少步行 (shao bu xing), artinya paling dikit jalan kakinya (perjalanan yang mungkin mengharuskan jalan kaki dari zhan ke zhan tertentu, misalnya perlu jalan untuk ganti bis).. Aku pakai yang default aja nomer 1. Kalau udah, tekan tombol 查询 yang ada di sebelah kanannya.

Setelah itu, web akan menanyakan konfirmasi apakah zhan awal dan tujuan udah bener seperti gambar di bawah ini. Kalau udah bener, pilih 确定 (nomer 1), kalau mau batalin pilih nomer 2, 取消.

Konfirmasi Zhan Awal dan Tujuan

Habis itu, Voila!! keluarlah rute yang lengkap ama step-by-step perjalanan + rute dalam bentuk mapnya..

Informasi Rute di BJBus

Yang penting adalah bagian yang dikotakin merah tuh.. Di situ, ada beberapa alternatif rute perjalanan yang bisa dipilih. Misalkan nomer 1 tuh.. Tertulis bis-bis yang bisa dinaikin misalkan 特8外,658, 374, dll.. trus masih harus jalan sekitar 200 meter lagi untuk bener-bener sampe ke tujuan.. Kalo mau lebih jelas, bisa lihat peta di bagian kanan donk.. Hehe.. Oya, kalo kita mau ganti alternatif di bagian kiri (misalkan milih alternatif nomer 2), petanya akan otomatis update ilustrasi perjalanannya kok😀..

Yaaa, kalo mau hidup di Beijing dan naik angkutan umum massal gini, basic chinese language mau ga mau ya harus ngerti dikit-dikit deh hehehe.. Ini kan ibaratnya lifestyle orang pribumi, jadi kita juga harus ngikut deh cara-caranya mereka😀

Sekian dulu deh post tentang sistem bis umum di Beijing yahhh.. Berikutnya, aku akan nulis tentang sistem MRT di sini.. Sampai jumpa di post berikutnya..